OLAHRAGA SEBAGAI STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK DALAM MEMBANGUN NATION BRANDING STUDI KASUS : PENYELENGGARAAN MOTO GP MANDALIKA 2022

DWI ARDHIANSYAH (2023) OLAHRAGA SEBAGAI STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK DALAM MEMBANGUN NATION BRANDING STUDI KASUS : PENYELENGGARAAN MOTO GP MANDALIKA 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menjadi tuan rumah sebuah event olahraga berskala internasional dapat menjadi sebuah alat yang dimanfaatkan oleh negara dalam melaksanakan proses diplomasi. Dalam hal ini Indonesia sedang menjalankan sebuah strategi diplomasi publik dalam memanfaatkan Moto GP Mandalika 2022 sebagai instrument diplomasi publiknya. Dalam prosesnya, Indonesia juga manfaatkan momentum ini untuk membangun serta mempromosikan nation branding yang dimiliki oleh Indonesia pada sektor pariwisata yaitu �Wonderful Indonesia�. Dalam pelaksanaannya, pemerintah telah melaksanakan proses diplomasi publik mulai dari sebelum, saat, hingga sesudah penyelenggaraan Moto GP Mandalika. Dari proses tersebut, untuk menilai implikasi penyelenggaran Moto GP Mandalika 2022 terhadap nation brand Indonesia dapat dinilai dari dua aspek yaitu tourist arrival dan foreign direct investmet. Hal diatas penulis analisis berdasar data yang telah didapatkan dengan kesimpulan apakah Moto GP Mandalika 2022 telah memberikan dampak positif bagi nation brand Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Diplomacy, Nation Branding, Tourist Arrival, Foreign Direct Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:54
Last Modified: 17 Nov 2023 06:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42351

Actions (login required)

View Item
View Item