GHANI RIFQI ADLI (2023) PEER TUTORING AS A MEANS OF STUDENTS' LEARNING: AN ANALYSIS OF VYGOTSKY'S THEORY OF ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (278kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Bab I.pdf
Download (110kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (692kB)
Abstract
Signifikansi bahasa Inggris dalam pendidikan tinggi sangat diakui. Mengatasi tantangan yang dihadapi oleh siswa akibat praktik kelas tradisional, seperti kurangnya strategi pembelajaran yang dipersonalisasi dan kurangnya waktu dan ruang untuk menjelajahi pembelajaran siswa, adalah suatu keharusan. Karena tantangan ini, strategi pembelajaran alternatif seperti peer tutoring sangat penting. Peer Turtoring sejalan dengan teori Zona Pengembangan Proksimal oleh Vygotsky, yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Penelitian kualitatif ini dilakukan di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta melalui program peer tutoring yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Departemen Bahasa Inggris. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi pandangan siswa tentang manfaat peer tutoring dan proses peer tutoring dalam membantu pembelajaran Bahasa Inggris siswa berdasarkan teori Zona Pengembangan Proksimal oleh Vygotsky. Penelitian ini mengungkap enam temuan kunci mengenai manfaat tutoring antar teman, yaitu, 1) meningkatkan pemikiran kritis siswa, 2) meningkatkan motivasi siswa, 3) meningkatkan kepercayaan diri siswa, 4) mempromosikan kerja sama tim siswa, 5) mendorong hubungan positif antar teman, dan 6) memberikan rasa kenyamanan kepada siswa. Selain itu, penelitian ini menemukan dua temuan kunci mengenai bagaimana tutoring antar teman membantu pembelajaran Bahasa Inggris peserta melalui 1) mengidentifikasi zona perkembangan saat ini, melalui beberapa strategi, yaitu, mendirikan diskusi, mengajukan pertanyaan, dan 2) mengeksplorasi zona pengembangan proksimal untuk mencapai zona pengembangan aktual, melalui strategi yang luas, yaitu, memberikan contoh, memberikan penjelasan, dan memberikan penjelasan yang dipersonalisasi. Penelitian ini tidak hanya menerangi dampak transformatif peer tutoring terhadap pembelajaran bahasa siswa tetapi juga memberikan wawasan berharga tentang teori zona pengembangan proksimal dalam konteks pendidikan bahasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peer tutoring, ZCD, ZPD, ZAD, scaffolding, Vygotsky |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42363 |