BANK INDONESIA DIY EDUCATION CAMPAIGN STRATEGY IN INCREASING AWARENESS OF QRIS ELECTRONIC PAYMENTS IN THE DIY MSME 2023

ALYA SYAFIRA ARNADA (2023) BANK INDONESIA DIY EDUCATION CAMPAIGN STRATEGY IN INCREASING AWARENESS OF QRIS ELECTRONIC PAYMENTS IN THE DIY MSME 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan electronic money menjadi sangat penting dalam aktifitas perekonomian. Bank Indonesia DIY membuat kampanye edukasi terkait QRIS untuk meningkatkan penggunaan QRIS pada UMKM di DIY. Selain itu Provinsi DIY meraih apresiasi Bank Indonesia award pada UMKM Ekspor terbaik dan implementasi QRIS terbaik di Indonesi. Penelitian ini ingin mengetahui dan mendeskripsikan tahapan perencaaan kampanye edukasi oleh Bank Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Uji validitas menggunakan trianggulasi sumber yang membandingkan derajat kepercayaan data dari beberapa sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan oleh Bank Indonesia DIY yaitu melalui selogan SIAP PASAR QRIS yang memiliki arti �Pasar Inovatif Sehat dengan QRIS�, kemudian di DIY ada 10 PASAR SIAP Qris dan pasar yang paling siap adalah pasar beringharjo sebesar 50% pedangnya sudah menggunakan QRIS. BI DIY dalam mengnyebar luaskan kampanye edukasi tersebut melalui media Instagram, Twiter, WhatsApp dan YouTube untuk publikasi. QRIS ini tidak hanya transaksi di toko bisa juga untuk donasi atau sedekah di rumah ibadah dengan QRIS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Educational Campaign Strategy, Bank Indonesia DIY, QRIS Electronic Payment, MSMEs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:51
Last Modified: 17 Nov 2023 03:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42376

Actions (login required)

View Item
View Item