ALYA SYAFIRA ARNADA (2023) BANK INDONESIA DIY EDUCATION CAMPAIGN STRATEGY IN INCREASING AWARENESS OF QRIS ELECTRONIC PAYMENTS IN THE DIY MSME 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (833kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan electronic money menjadi sangat penting dalam aktifitas perekonomian. Bank Indonesia DIY membuat kampanye edukasi terkait QRIS untuk meningkatkan penggunaan QRIS pada UMKM di DIY. Selain itu Provinsi DIY meraih apresiasi Bank Indonesia award pada UMKM Ekspor terbaik dan implementasi QRIS terbaik di Indonesi. Penelitian ini ingin mengetahui dan mendeskripsikan tahapan perencaaan kampanye edukasi oleh Bank Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Uji validitas menggunakan trianggulasi sumber yang membandingkan derajat kepercayaan data dari beberapa sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan oleh Bank Indonesia DIY yaitu melalui selogan SIAP PASAR QRIS yang memiliki arti �Pasar Inovatif Sehat dengan QRIS�, kemudian di DIY ada 10 PASAR SIAP Qris dan pasar yang paling siap adalah pasar beringharjo sebesar 50% pedangnya sudah menggunakan QRIS. BI DIY dalam mengnyebar luaskan kampanye edukasi tersebut melalui media Instagram, Twiter, WhatsApp dan YouTube untuk publikasi. QRIS ini tidak hanya transaksi di toko bisa juga untuk donasi atau sedekah di rumah ibadah dengan QRIS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educational Campaign Strategy, Bank Indonesia DIY, QRIS Electronic Payment, MSMEs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42376 |