MAULANA MAQDUM IBRAHIM (2023) ANALISIS KESULITAN PENGGUNAAN REFERENSI BERBAHASA ARAB DALAM PENULISAN SKRIPSI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (507kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (962kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Dalam melaksanakan tugas akhir berupa skripsi. Program pendidikan bahasa arab di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan bahasa arab sebagai bahasa penulisan. Sehingga dalam mengambil sumber referensi idealnya mengenakan bahasa arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini tentang tingkat dan faktor-faktor terkait kesulitan penggunaan referensi berbahasa arab dalam penulisan skripsi di program studi pendidikan bahasa arab di universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Hasil yang didapati adalah tingkat kesulitan masih dinilai tinggi karena penggunaan masih sangat minim dan berdasarkan kuesioner sebesar 77% menyatakan setuju memberikan hasil bahwa mahasiswa dan alumni mengalami kesulitan terkait dengan pemilihan referensi dan juga pemahaman isi referensi. Sedangkan faktor yang mendukung bimbingan dari dosen pembimbing informasi atau referensi laman yang berisi kumpulan jurnal internasional arab, adanya pelatihan yang digarap secara baik dari pihak program studi. Faktor yang menghambat yakni fasilitas yang kurang diketahui, belum memahami adanya sosialisasi terkait penggunaan referensi bahasa arab, belum diwajibkan mahasiswa dan alumni untuk menggunakannya, dan pemahaman terhadap bahasa arab serta belum ada pembiasaan dari mulai semester awal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Thesis, Reference, Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:45 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42413 |