MICHAEL IBRAHIM GAMAL (2023) PERSEPSI SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 3 'ALIYAH MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL KLATEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (8MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab I.pdf
Download (246kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi santri terhadap pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 'Aliyah Muhammadiyah Boarding School Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui angket, dengan teknik pengolahan data yaitu dengan rumus skala Likert. Yang diuji adalah santri kelas 3 'Aliyah yang berjumlah 35 santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi santri terhadap pembelajaran Bahasa Arab di Muhammadiyah Boarding School Klaten dipengaruhi oleh berbagai factor seperti tujuan santri untuk mempelajari bahasa Arab, materi yang diajarkan, metode pengajaran dari guru bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab yang disediakan oleh pondok, motivasi yang diberikan kepada santri, dan cara evaluasi santri setelah belajar bahasa Arab. Dari factor-faktor tersebut, para santri di Muhammadiyah Boarding School Klaten memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memahami dan menggunakan bahasa Arab. Tantangan yang dihadapi santri dalam mempelajari Bahasa Arab di Muhammadiyah Boarding School Klaten adalah karena adanya rasa kesulitan dalam belajar Bahasa Arab, diluar maupun didalam kelas. Oleh karena itu, pengelola pondok dapat memperhatikan factor-faktor tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di Muhamamdiyah Boarding School Klaten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perception, challenge, arabic learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:40 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42414 |