TANIA RAHAYU PUTRI (2023) SOCIAL MEDIA MANAGEMENT STRATEGY OF INSTAGRAM @LPOMUHAMMADIYAH IN BOOSTING ENGAGEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (731kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (701kB)
Abstract
@Lpomuhammadiyah adalah akun Instagram resmi Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Penelitian ini mengenai strategi pengelolaan media sosial pada akun Instagram @Lpomuhammadiyah untuk meningkatkan engagement. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat luas yang ingin mengetahui tentang pembinaan olahraga yang selaras dengan nilai-nilai Islam dan ajaran Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan media sosial akun Instagram @Lpomuhammadiyah dalam meningkatkan engagement. Kerangka teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah The Circular Model of Some yang terbagi dalam empat aspek yaitu Share, Optimize, Manage, dan Engage. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini berasal dari observasi, dokumentasi dan wawancara dengan beberapa informan terkait. Dalam melakukan uji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu teknik pengumpulan data dengan cara membandingkan/memeriksa kembali keabsahan informasi yang diperoleh dengan membandingkan hasil wawancara dengan observasi yang dilakukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan media sosial pada akun Instagram @Lpomuhammadiyah cukup efektif karena LPO PP Muhammadiyah telah mengimplementasikan teori yang digunakan. Dalam seluruh proses pengelolaan media sosial terkait LPO PP Muhammadiyah juga melibatkan diri dengan para pengikutnya, yaitu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram sebagai salah satu daya tarik LPO PP Muhamamdiyah itu sendiri. Pengelolaan Instagram @Lpomuhammadiyah bersifat konstruktif dalam menjalin kedekatan dengan para pengikutnya dan tentunya dapat meningkatkan engagement Instagram @Lpomuhammadiyah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Management, Instagram Muhammadiyah Sport Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 07:36 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42417 |