PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA

MEGA ROBI'ATULLAELA (2023) PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Mimicry Memorization untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab kelas V di SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang. Peneliti telah menemukan sebuah temuan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab yaitu rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dan juga kesulitan dalam keterampilan berbahasa Arab terutama keterampilan berbicara, seperti mufrodat dan kalimat-kalimat sederhana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 3. Hal ini berdasarkan nilai pretest dan posttest Nilai rata-rata sebelum menggunakan metode Mimicry Memorization yaitu 63,85. Sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan metode Mimicry Memorization yaitu 83,46. Hal ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Mimcry Memorization dengan pemberian materi mufrodat tema (warna) pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta, mengalami peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab. Berdasarkan uji normalitas gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata normalitas gain sebesar 0,6 berada pada nilai 0,3 ? g ? 0,7 termasuk kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata presentase normalitas gain sebesar 56,54, maka penerapan metode Mimicy Memorization yang digunakan termasuk tafsiran cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mimicry Memorization, Speaking Skills
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:42
Last Modified: 17 Nov 2023 03:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42427

Actions (login required)

View Item
View Item