AURA RADHIYYA KHAIRUNNISA (2023) SOCIAL MARKETING STRATEGY OF THE YOGYAKARTA CITY GANDENG GENDONG MOVEMENT, 2021-2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (4MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (865kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (865kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (865kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Di tengah fenomena krisis ekonomi yang terjadi pada masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial melalui Program Gandeng Gendong sebagaimana yang termaktub dalam Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 23 Tahun 2018 tentang Program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta. Program Gandeng Gendong menjadi upaya alternatif yang dirumuskan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta guna mengambil langkah tegas dalam persoalan kesejahteraan sosial melalui gerakan Kolaboratif yang dalam pelaksanaannya memiliki ketertaitan dengan lima element kolaborasi, yakni Pemerintah Kota, Koorporasi, Kampus, Komunitas, dan Kampung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran sosial yang dibangun oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan gerakan Gandeng Gendong Kota Yogyakarta tahun 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan mengumpulkan literature yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan strategi pemasaran sosial gerakan Gandeng Gendong kota Yogyakarta yang memiliki produk berupa nilai soliditas dan kepedulian antar sesama dalam membantu masyarakat yang kurang mampu dengan menggandeng stakeholder serta menggendong masyarakat. Terdapat enam langkah dalam strategi pemasaran sosial yang dirumuskan dalam gerakan gandeng gendong, yaitu 1) Penentuan Produk, 2) analisis sosial, 3) Menentukan target dan sasaran, 4) Pelaksanaan program lapangan, 5) penyebaran produk, 6) Monitoring dan Evaluasi , meskipun masih nampak sporadis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gandeng Gendong, social marketing, Yogyakarta City |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:41 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42432 |