AURA RADHIYYA KHAIRUNNISA (2023) SOCIAL MARKETING STRATEGY OF THE YOGYAKARTA CITY GANDENG GENDONG MOVEMENT, 2021-2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Di tengah fenomena krisis ekonomi yang terjadi pada masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial melalui Program Gandeng Gendong sebagaimana yang termaktub dalam Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 23 Tahun 2018 tentang Program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta. Program Gandeng Gendong menjadi upaya alternatif yang dirumuskan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta guna mengambil langkah tegas dalam persoalan kesejahteraan sosial melalui gerakan Kolaboratif yang dalam pelaksanaannya memiliki ketertaitan dengan lima element kolaborasi, yakni Pemerintah Kota, Koorporasi, Kampus, Komunitas, dan Kampung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran sosial yang dibangun oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan gerakan Gandeng Gendong Kota Yogyakarta tahun 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan mengumpulkan literature yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan strategi pemasaran sosial gerakan Gandeng Gendong kota Yogyakarta yang memiliki produk berupa nilai soliditas dan kepedulian antar sesama dalam membantu masyarakat yang kurang mampu dengan menggandeng stakeholder serta menggendong masyarakat. Terdapat enam langkah dalam strategi pemasaran sosial yang dirumuskan dalam gerakan gandeng gendong, yaitu 1) Penentuan Produk, 2) analisis sosial, 3) Menentukan target dan sasaran, 4) Pelaksanaan program lapangan, 5) penyebaran produk, 6) Monitoring dan Evaluasi , meskipun masih nampak sporadis.
Dosen Pembimbing: | Taufiqur Rahman, S.IP., M.A., Ph.D. | NIDN0527057401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Gandeng Gendong, social marketing, Yogyakarta City |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:41 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |