M ABID WARADHAN (2023) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BIMA DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PULAU KELAPA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN PADA ERA ENDEMI TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (404kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab I.pdf
Download (221kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (881kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pulau kelapa merupakan destinasi wisata unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Bima, strategi promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dalam pengembangan wisata pulau kelapa untuk meningkatkan jumlah wisatawa pada era endemi. Pada tahun 2021 terdapat penurunan jumlah wisatawan, dengan adanya penurunan jumlah wisatawan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dalam pengembangan objek wisata pulau kelapa untuk meningkatkan jumlah wisata pada era endemi. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan wawancara dan dokumentasi. Untuk lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah Jalan. Soekarno Hatta Raba Dompu Barat, Raba, Bima Regency, West Nusa Tenggara 84115. Hasil penelitian ini ini menunjukan bahwa strategi promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bima untuk meningkatkan jumlah wisatawan pada era endemi pada tahun 2022 dengan menggunakan beberapa festival untuk meningkatkan wisatawan ke pulau kelapa pasca endemi. Dalam proses perencanaan, Dinas Pariwisata Kabupaten Bima tidak melakukan analisis dalam menentukan target sasarannya. Dalam penggunaan media sosial dan website, Dinas Pariwisata Kabupaten Bima belum optimal. Faktor pendukung promosi pariwisata yang terdapat pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bima ialah Kabupaten Bima memiliki akun media sosial yang dapat di manfaatkan untuk media promosi, dan sumber daya alam yang tidak kalah saing dengan tempat wisata di beberapa daerah lainnya. Adapun faktor penghambat yang mempengaruhi staretgi promosi, seperti sumber daya manusia yang terbatas dan keterbatasan anggaran yang di mana dalam pelaksanaan kegiatan promosi sangat bergantung pada anggaran yang ada.Kata Kunci : Strategi Promosi, Promosi Pariwisata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Tourism Promotion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42437 |