PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBICARA PADA SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ WAHDAH ISLAMIYAH SINJAI

MUHAMMAD RAMADHAN (2023) PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBICARA PADA SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ WAHDAH ISLAMIYAH SINJAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. Dalam pengembangan untuk mengasah kemahiran berbahasa arab yaitu salah satunya dengan berbicara (kalam) perlu adanya lingkungan Bahasa arab untuk menunjang segala kegiatan belajar bahasa arab, maka program bahasa arab di lingkungan pondok Pesantren Tahfidz Wahdah Isalmiyyah sinjai perlu di teliti dari aspek pelaksanaanya serta perlu ditinjau dari peran lingkungan bahasa yang ada di pesantren tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitiannya adalah (1). untuk mengetahui bagaimana program pengembangan bahasa arab di pondok pesantren tahfidz wahdah islamiyah sinjai, (2). Untuk mengetahui pengaruh lingkungan bahasa arab dalam mengasah kemahiran berbicara santri yang ada di pondok pesantren tahfidz wahdah islamiyah sinjai.Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method atau peneltian campuran. Dengan menggunakan jenis penelitian campuran (mixed method), maka nantinya peneliti akan lebih mudah menjawab dua hasil rumusan masalah yang dimana nantinya rumusan masalah pertama akan dibahas menggunakan metode kualitatif dan rumusan masalah kedua akan dibahas dengan menggunakan metode kuantitatif. Dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dokumentasi dan angket.Hasil penelitian menyatakan, (1) program pengembangan bahasa arab di pesantren ini masih baru. Santri putra yang ada di pesantren pemula dalam belajar bahasa arab, terdiri dari 111 santri putra. Program yang dijalankan terbagi menjadi dua yaitu formal dan non-formal. Program formal adalah pembelajaran bahasa arab di dalam kelas, program non-formal terbagi menjadi 2, yaitu : (a) kegiatan pembelajaran dan hafalan mufradhat. (b) kegiatan muhadtsah (percakapan bahasa arab) dilaksanakan secara rutin. Buku pedoman yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab di pesantren ini adalah buku �Durusullugho Al-Arabiyah� jilid satu. (2) pengaruh peran lingkungan bahasa arab dalam mengasah kemahiran berbicara pada santri putra pondok pesantren tahfidz wahdah islamiyah sinjai dinyatakan baik. Sesuai dengan peryataan kuesioner yang dibagikan kepada seluruh santri putra menggunakan rumus TCR menunjukan persentasi r,91 dengan hasil baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Environmental influence, speaking, islamic boarding school
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:34
Last Modified: 17 Nov 2023 03:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42441

Actions (login required)

View Item
View Item