RACHMA DINNA NURSEHA (2023) THE IMPLEMENTATION OF SMALL GROUP DISCUSSION IN LEARNING RECOUNT TEXT AT ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (302kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (25kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (27kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (949kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Siswa memerlukan lingkungan belajar yang kondusif untuk belajar secara efektif dan menjadi individu yang percaya diri, inovatif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah model diskusi kelompok kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan yang ada dan solusi untuk mengatasinya dengan menggunakan Diskusi Kelompok Kecil dalam Pembelajaran Teks Recount. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data. Pesertanya adalah tiga siswa perempuan dan tiga siswa laki-laki kelas 10 di salah satu SMA Islam di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Temuan penelitian ini menemukan bahwa siswa mempunyai tantangan dalam melakukan diskusi kelompok kecil dalam pembelajaran teks recount, antara lain 1). kurangnya manajemen waktu, 2). kurangnya keterampilan kolaboratif, 3).keterampilan komunikasi dan bahasa, 4).partisipasi siswa yang terbatas, 5).distribusi diskusi yang tidak merata, dan 6). kurangnya struktur atau pedoman. Kemudian peneliti juga menemukan solusi untuk mengatasi tantangan tersebut yang akan dijelaskan satu per satu pada bab 2 dan tentunya pada bab 4.Implikasinya, siswa Madrasah Ibtidaiyah di Yogyakarta tampak masih melakukan diskusi tanpa berpartisipasi secara maksimal dalam diskusi. Rekomendasinya, guru juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kemampuan berbahasanya di luar kelas, misalnya melalui program pertukaran bahasa atau kegiatan ekstrakurikuler. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya mengatasi tantangan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran diskusi kelompok kecil untuk siswa SMA Islam di Yogyakarta mengenai pembelajaran teks recount. Dengan menerapkan rekomendasi yang diberikan, guru dapat membantu siswa mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan hasil belajar mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning method, recount text, small group discussion, qualitative research, senior high school |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42450 |