NADIA PRAMESTI PUTRI ARDHANI (2023) THE USE OF REWARD AND PUNISHMENT IN INCREASING STUDENTS' INTERESTS IN LEARNING ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (379kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab I.pdf
Download (118kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Motivasi siswa diyakini dapat mempengaruhi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Reward merupakan salah satu jenis alat pendidikan yang digunakan untuk memotivasi siswa untuk belajar dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan prestasi belajar mereka. Di sisi lain, tujuan dari hukuman adalah untuk mencegah munculnya perilaku buruk dan untuk mengingatkan siswa. Penelitian ini menyelidiki jenis-jenis hadiah dan hukuman yang diterima siswa dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan reward dan punishment dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data. Partisipan penelitian ini adalah enam siswa di sebuah sekolah asrama di Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat sembilan temuan mengenai jenis-jenis penghargaan dan hukuman yang digunakan oleh guru. Jenis-jenis penghargaan tersebut adalah 1) verbal, 2) non verbal, 3) poin, 4) hadiah. Selain itu, jenis-jenis hukuman meliputi 5) hukuman akademis, 6) hukuman yang tidak menyenangkan, 7) peringatan, 8) mengurangi poin siswa, dan 9) memindahkan tempat duduk siswa. Mengenai pertanyaan penelitian kedua, peneliti menemukan ada dua manfaat dari penggunaan reward dan dua manfaat dari penggunaan punishment. 1) memotivasi siswa, 2) meningkatkan belajar siswa, sedangkan manfaat penggunaan punishment adalah 3) membuat siswa disiplin, 4) membuat siswa takut melakukan kesalahan. Dari penelitian ini peneliti berharap penelitian ini dapat membantu, dan menginspirasi siswa, guru, atau peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward and punishment, motivation in learning English, qualitative research, kinds of reward and punishment, benefit of reward and punishment |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:32 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42467 |