ARDIAN DIMAS PRAYOGA (2023) AKTIVITAS HUBUNGAN PARASOSIAL DALAM FAN CULTURE JKT48 DI SOSIAL MEDIA LINE DAN TWITTER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (419kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Bab I.pdf
Download (197kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Fan culture merupakan budaya yang terbentuk dari adanya budaya partisipatif penggemar dalam usahanya untuk dekat dengan sosok yang diidolakan. Dalam usahanya, seorang penggemar akan selalu mencari informasi terbaru mengenai idolanya. Hal tersebut juga berlaku dalam fandom JKT48. JKT48 merupakan grup idola Indonesia yang terbentuk pada 2011. JKT48 dikenal sangat dekat dengan penggemarnya melalui berbagai event dan layanan yang dihadirkan, salah satunya adalah layanan JKT48 Private Message. Pada layanan tersebut penggemar akan mendapatkan pesan langsung dari member JKT48 melalui aplikasi Line dan penggemar dapat membalasnya menggunakan platform Twitter dengan menggunakan hashtag yang tersedia. Hadirnya layanan tersebut memfasilitasi hubungan parasosial yang terjadi di sosial media antara JKT48 dengan penggemarnya. Hubungan parasosial sendiri merupakan sebuah hubungan dimana penggemar merasa memiliki hubungan dekat dengan sosok idolanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas hubungan parasosial JKT48 di sosial media Line dan Twitter, serta bertujuan untuk menggambarkan aktivitas hubungan parasosial dalam fan culture JKT48 di sosial media Line dan Twitter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hadirnya layanan JKT48 Private Message mampu memperkuat aktivitas hubungan parasosial yang terjadi di sosial media Line dan Twitter antara JKT48 dengan penggemarnya. Dimana pesan yang dikirim oleh member JKT48 berisi informasi mengenai aktivitas sehari-hari dengan menggunakan bahasa seperti sedang berkomunikasi dengan orang yang dikenal dekat. Penggemar yang mendapat pesan tersebut pun rutin membalasnya melalui platform Twitter. Bahasa yang digunakan penggemar juga mirip dengan bahasa yang digunakan saat berkomunikasi dengan teman dekatnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | JKT48, Parasocial Relations, Social Media, Prosumer, Proximity Capitalization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:47 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42480 |