MUHAMMAD ATALARIK FAKHRI R (2023) MOTIF SUBSCRIBER DALAM MENONTON CHANNEL YOUTUBE WINDAH BASUDARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Bab I.pdf
Download (841kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (650kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari motif subscriber dalam menonton Channel YouTube Windah Basudara. Windah Basudara mulai di YouTube pada akhir tahun 2018 dan memilih kategori gaming sebagai konten utama di channel YouTube-nya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, dan populasi yang dipilih adalah subscriber dari channel YouTube Windah Basudara. Sampel dalam penelitian ini adalah subscriber Windah Basudara sebanyak 460 orang dari populasi subscriber sebesar 8.300.000. Teori motif dari Whiting and Williams menyebutkan terdapat sepuluh motif penggunaan media baru untuk melihat motif dari subscriber dan dari hasil uji validitas dalam penelitian ini menjadi enam motif. Motif tersebut ialah motif interaksi sosial, motif pencarian informasi, motif menghabiskan waktu dan hiburan, motif relaksasi, motif kegunaan komunikasi, motif kegunaan kenyamanan, dan motif mengekspresikan pendapat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motif tertinggi subscriber Windah Basudara merupakan motif menghabiskan waktu dan hiburan dengan nilai mean tertinggi sebesar 4,8413. Hasil dari uji t (one sample t-test) dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan motif yang mendorong subscriber dalam menonton channel YouTube tersebut. Motif paling tinggi yaitu motif menghabiskan waktu dan hiburan merupakan motif yang paling kuat mempengaruhi subscriber untuk menonton channel YouTube Windah Basudara, selanjutnya motif relaksasi, motif kegunaan kenyamanan, motif pencarian informasi, motif mengekspresikan pendapat, motif kegunaan komunikasi dan motif interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motive, Social Media, YouTube, gaming, subscriber |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:40 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42493 |