EVENT AND EXPERIENCE OF CHERRYPOP 2023 AS A MULTIGENRE MUSIC FESTIVAL IN YOGYAKARTA

NAJMI SAI'DAH (2023) EVENT AND EXPERIENCE OF CHERRYPOP 2023 AS A MULTIGENRE MUSIC FESTIVAL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Festival musik merupakan kegiatan yang lazim dilakukan oleh banyak orang sebagai alat untuk mengkomunikasikan informasi melalui musik dengan memiliki berbagai bentuk budaya, interaksi sosial, dan pengalaman dalam sebuah acara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi event dan experience yang dilakukan oleh Cherrypop 2023 sebagai sebuah event dengan arena kreatif dengan ekosistem subkultur anak muda untuk saling berkorespondensi, membangun wacana, dan merayakannya melalui pengalaman festival musik multi-genre. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi literatur dan studi lapangan (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cherrypop melakukan riset sebelum melaksanakan event, perancangan yang berkaitan dengan ide kreatif seperti brainstorming dan mind mapping, proses perencanaan yang melibatkan penggunaan hukum waktu, ruang, dan tempo, koordinasi dengan upaya komunikasi untuk bekerja sama dengan pihak internal maupun eksternal, dan evaluasi dari semua divisi untuk menganalisis apakah event berhasil atau tidak dan memperbaiki kesalahan pada tahun ini agar menjadi lebih baik untuk event yang akan datang. Langkah-langkah penting tersebut memudahkan Cherrypop untuk mewujudkan acara dan memberikan pengalaman yang ingin mereka capai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Event, Experience, Music Festival
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Nov 2023 03:24
Last Modified: 11 Nov 2023 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42516

Actions (login required)

View Item
View Item