HAMIDAH NUR FITRIANI (2023) ASA LAILY'S PERSONAL BRANDING STRATEGY AS A TOY REVIEWER CONTENT CREATOR THROUGH TIKTOK @ASAKECIL ACCOUNT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (699kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Bab I.pdf
Download (33kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Media sosial saat ini digunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri melalui karya kreatif dan memiliki karakteristik yang berbeda bagi setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan oleh Asa Laily dalam membangun personal branding melalui akun Tiktok @asakecil sebagai content creator pengulas mainan. Asa menggunakan Tiktok sebagai media untuk memberikan informasi mengenai barang yang direviewnya kepada para pengikutnya melalui video-videonya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi dari unggahan TikTok Asa Laily. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Asa Laily menggunakan delapan konsep utama Peter Montoya. Spesialisasi adalah Asa sebagai content creator pengulas mainan. Kepemimpinan ditunjukkan dengan adanya pengakuan bahwa Asa berkompeten di bidangnya, yang terlihat dari jumlah pengikutnya. Kepribadian Asa yang menyenangkan dan ramah terhadap anak kecil menunjukkan jati dirinya, seperti kepribadiannya sehari-hari. Perbedaan antara Asa dengan content creator reviewer lainnya dapat dilihat dari gaya konten yang ditampilkan. Tampilan tersebut terlihat pada keaktifan Asa dalam mengunggah video setiap hari dan membalas komentar sebagai bentuk interaksi dengan para pengikutnya. Kesatuan antara kehidupan di media sosial dan kehidupan nyata adalah selain mengulas mainan, ia juga seorang kolektor mainan. Keteguhan personal branding yang telah dibangun telah berlangsung selama tiga tahun dan terus berlanjut. Asa menjaga nama baik dengan memberikan konten review mainan yang menghibur dan positif untuk memberikan kesan yang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Content Creator, TikTok |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 03:21 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 03:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42517 |