ANDHIKA SRINDRA FAIZ RAMADHAN (2023) SUBSCRIBER PERCEPTION OF PT. KERETA API INDONESIA DOCUMENTARY FILM "BERGERAK DENGAN BAHAGIA, BERGERAK UNTUK INDONESIA" IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (397kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
Abstract
PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan transportasi kereta api di Indonesia. PT KAI melakukan strategi promosinya melalui kanal YouTube yaitu Kereta Api Kita, dengan membuat film dokumenter dengan judul "Bergerak dengan Bahagia, Bergerak untuk Indonesia". Hal ini merupakan strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan jasa transportasi untuk mempromosikan jasa dan membangun brand image perusahaan kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi pelanggan terhadap film dokumenter PT KAI "Bergerak dengan Bahagia, Bergerak untuk Indonesia". Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada ketiga narasumber dan melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi positif penonton mengenai teknik narasi yang ditampilkan dalam film dokumenter KAI disajikan dengan baik, konflik yang ditampilkan tidak direkayasa dan alur film sesuai dengan kenyataan. Selain itu, persepsi negatif meliputi testimoni mengenai fasilitas yang diberikan dianggap tidak mewakili kenyataan yang terjadi di lapangan. Beberapa testimoni yang diberikan dianggap sebagai settingan belaka. Ketertarikan pelanggan terhadap PT KAI dan juga pengalaman dalam menggunakan jasa PT KAI menjadi faktor utama dalam mempersepsikan film dokumenter tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Subscriber Perception, Experience, Interest, Documentary Film |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 02:53 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 02:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42526 |