DEVINA DIAN REGITA (2023) LORIAN'S PERSONAL BRANDING STRATEGY AS A TRAVEL INFLUENCER THROUGH THE TIKTOK ACCOUNT @LORIANBACKPACKER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (786kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Personal branding pada umumnya digunakan untuk meningkatkan daya tarik atau nilai jual seseorang melalui media sosialnya. Personal branding tersebut dibangun oleh individu itu sendiri melalui pekerjaan atau profesi yang ditekuninya. Salah satu pelaku personal branding di media sosial adalah influencer. Indah Suci Lorian (@lorianbackpacker) merupakan travel influencer yang saat ini sedang membangun personal branding di Tiktok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi personal branding yang dilakukan Lorian sebagai travel influencer di akun media sosial Tiktok miliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menemukan 7 dari 11 kriteria efektif yang dilakukan Lorian dalam membentuk personal branding, yaitu 1)Authenticity (keaslian), 2)Consistency (konsistensi), 3)Specialization (spesialisasi), 4)Distincitiveness (kekhasan), 5)Relevant (relevan), 6)Visibility (visibilitas), dan 7)Persistence (kegigihan). Penelitian ini menunjukan bahwa lorianbackpacker menyampaikan pesan kepada followersnya berdasarkan fakta dari pengalamannya. Cerminan kepribadian lorianbackpacker yang selalu tampil apa adanya dan menyukai kebebasan diimplementasikan pada kontennya sehingga masyarakat tertarik dan terus mengikutinya. Sebagai seorang travel influencer, lorianbackpacker terus berkarya dengan membuat konten yang menarik, variatif, informatif, dan menghibur secara konsisten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Tiktok, Travel Influencer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:41 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42531 |