LORIAN'S PERSONAL BRANDING STRATEGY AS A TRAVEL INFLUENCER THROUGH THE TIKTOK ACCOUNT @LORIANBACKPACKER

DEVINA DIAN REGITA (2023) LORIAN'S PERSONAL BRANDING STRATEGY AS A TRAVEL INFLUENCER THROUGH THE TIKTOK ACCOUNT @LORIANBACKPACKER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Personal branding pada umumnya digunakan untuk meningkatkan daya tarik atau nilai jual seseorang melalui media sosialnya. Personal branding tersebut dibangun oleh individu itu sendiri melalui pekerjaan atau profesi yang ditekuninya. Salah  satu  pelaku personal branding di media sosial adalah influencer.  Indah Suci Lorian (@lorianbackpacker) merupakan travel influencer yang saat ini sedang membangun personal branding di Tiktok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi personal branding yang dilakukan Lorian  sebagai travel influencer di akun media sosial Tiktok miliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menemukan 7 dari 11 kriteria efektif yang dilakukan Lorian dalam membentuk personal branding, yaitu 1)Authenticity (keaslian), 2)Consistency (konsistensi), 3)Specialization (spesialisasi), 4)Distincitiveness (kekhasan), 5)Relevant (relevan), 6)Visibility (visibilitas), dan 7)Persistence (kegigihan). Penelitian ini menunjukan bahwa lorianbackpacker menyampaikan pesan kepada followersnya berdasarkan fakta dari pengalamannya. Cerminan kepribadian lorianbackpacker yang selalu tampil apa adanya dan menyukai kebebasan diimplementasikan pada kontennya sehingga masyarakat tertarik dan terus mengikutinya. Sebagai seorang travel influencer, lorianbackpacker terus berkarya dengan membuat konten yang menarik, variatif, informatif, dan menghibur secara konsisten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Tiktok, Travel Influencer
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:41
Last Modified: 10 Nov 2023 07:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42531

Actions (login required)

View Item
View Item