PENGEMBANGAN APLIKASI PENJUALAN KOPI MY COFFE

MUHAMMAD ABDULLAH AZZAM (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PENJUALAN KOPI MY COFFE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat secara langsung maupun tidak langsung memberi kemudahan bagi kerja manusia di semua bidang, termasuk bisnis kuliner. Saat ini, hampir sebagian besar bisnis kuliner yang berkembang telah terintegrasi dengan sistem informasi ditandai dengan tersedianya aplikasi khusus untuk pelanggan. Meskipun demikian, dalam proses pengembangan sistem informasi tersebut, masih terdapat banyak kendala yang ditemukan, seperti misalnya aplikasi yang sulit digunakan dan desain UI yang membingungkan.Proses pemesanan saat ini masih manual yaitu konsumen datang ke kedai kopi dan mereka melakukan proses transaksi pemesanan menu secara langsung kepada kasir dan melakukan pembayaran secara tunai ataupun debet. Setelah melakukan transaski pemesanan menu dan juga pembayaran konsumen menunggu pesanan dating ke meja konsumen.Berdasarkan permasalahan diatas maka Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis android untuk membantu pelanggan dan pengelola kedai kopi (coffee shop) dalam melakukan transaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa System Usability Scale (SUS) yang diterapkan untuk mengukur tingkat kegunaan atau usability sistem/produk. Selain itu, peneliti juga melakukan studi pustaka dan kuesioner untuk memperoleh data tambahan yang menunjang penelitian ini.Hasil penelitian yang ditemukan, yaitu: penyajian dan pengembangan aplikasi berbasis mobile untuk memudahkan pelanggan dan pengelola coffee shop dalam bertransaksi dilakukan dengan membuat proyek baru di Android Studio, mendesain layout aplikasi, membuat Class Java, membuat interface pengguna, dan membuat database sebelum aplikasi siap dijalankan. Dengan tahapan tersebut, aplikasi dapat dijalankan dan berhasil memenuhi kebutuhan pengguna serta memberikan pengalaman yang baik dalam menggunakan aplikasi dengan penilaian 4,188 dari 5 poin secara umum dan 4,178 dari 5 poin untuk penilaian interface. Aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan pengalaman yang baik dalam menggunakan aplikasi serta customer juga mendapatkan kemudahan bertransaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aplikasi, coffee shop, UI, system usability scale
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:12
Last Modified: 10 Nov 2023 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42541

Actions (login required)

View Item
View Item