YOGA RACHMAT FEBRIANTO (2023) MEDIA MANAGEMENT IN THE USE OF SOCIAL MEDIA FOR THE OFFICIAL ACCOUNT OF "BUKU UNTUK PAPUA". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (700kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (37kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemunculan dan perkembangan internet saat ini tanpa disadari menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi mayoritas banyak kalangan. Kemudahan yang diberikan dalam penyampaian informasi dan proses interaksi antar masyarakat ini yang selanjutnya dimanfaatkan oleh komunitas LSM yang ada di Papua untuk mengembangkan dunia pendidikan terlebih khusus dalam dunia literasi yang ada di Papua. Komunitas yang menggunakan perkembangan internet ini adalah komunitas Buku Untuk Papua. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen media Buku Untuk Papua dalam mengelola media sosial di Papua. Dari proses penelitian dan analisis yang dilakukan diketahui bahwa komunitas Buku Untuk Papua dalam mengelola media sosial di Papua mereka dapat memanajemen akun media sosial Instagram dengan baik karena tim dari akun official Instagram Buku Untuk Papua menggunakan teori manajemen yang didalamnya berisi tahapan-tahapan seperti Planning, organizing, actuating, controlling, evaluating. Dengan penelitian kualitatif deskriptif ini mendapati kesimpulan bahwa semua yang sudah dikerjakan dalam akun instagran official dari Buku Untuk Papua sudah melalui perencanaan yang baik dan juga mereka mempunyai strategi dan prinsip untuk konsisten dalam pembuatan konten agar meningkatkan jumlah followers, dan juga sudah terorganisir dengan baik, selain itu melalui pengawasan yang matang didapati pelaksanaan yang baik dengan secara rutin melakukan interaksi bersama followers melalui dm Instagram atau komentar yang ada di postingan dan instagram story, juga evaluasi secara mendalam yang telah dilakukan secara rutin dalam mengelola akun mereka untuk memperluas jangkauan akun dari konten mereka. Evaluasi dilakukan secara rutin agar dapat melihat sejauh mana strategi dan perencanaan yang dilakukan telah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, NGO, Papua ,Recent Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 06:28 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 06:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42555 |