RIZKY SATYA ALDIKALA (2023) UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA INSTAGRAM AS APROMOTIONAL MEDIA FOR THE BAND DEATH VOMIT IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (691kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (15kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Media sosial adalah media yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Media sosial memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, yaitu dapat digunakan untuk forum, dunia maya, blog, dan jejaring sosial. Salah satu media promosi yang sering digunakan oleh masyarakat adalah Instagram, Instagram merupakan media sosial berbasis foto dan video yang dapat dijadikan referensi oleh masyarakat. Saat ini banyak sekali pengguna media sosial Instagram sehingga banyak sekali informasi yang disebarkan dan salah satunya dapat digunakan sebagai alat promosi karya seperti musik. Salah satu band yang memanfaatkan media sosial Instagram adalah Death Vomit, Death Vomit merupakan band asal Yogyakarta yang beraliran Metal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai sarana promosi Death Vomit. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 2 orang narasumber dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa DeathVomit melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram dengan tahapan mempersiapkan pembentukan pesan yang akan dituju kemudian menentukan konsep dilanjutkan dengan memilih Instagram sebagai media setelah itu dibuatlah perencanaan konten, Death Vomit juga secara konsisten mengunggah poster jadwal konsernya di Instagram agar para penggemar yang menunggu untuk melihat Death Vomit tampil dapat berbondong-bondong datang ke acara tersebut. Death Vomit juga mempromosikan lagu-lagunya melalui Instagram yang dapat didengarkan melalui platform digital youtube dan Spotify. Dengan strategi promosi ini, para penggemar Death Vomit dapat mengetahui segala update tentang band ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Instagram, Promotion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 06:19 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42563 |