SAID ZAIDAAN FIRSTIANSYAH (2023) STARCROSS 2022 WILD GROUND EVENT FESTIVAL USED AS A PROMOTIONAL ACTIVITY TO INCREASE BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (257kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
Abstract
Starcross merupakan brand streetwear yang cukup menjadi pionir dalam dunia streetwear di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009. Pendiri brand stracross sendiri pada awalnya memasarkan produknya dengan memanfaatkan relasi dan ruang lingkup pertemanannya di bangku kuliah, dan dari situ pula ia mulai memasarkan produknya ke komunitas kreatif yang ada di kota Yogyakarta. Saat ini jika orang memiliki brand pakaian streetwear, mereka akan dengan mudah memasarkan produknya, itu semua karena media sosial. Butuh waktu bertahun-tahun bagi Starcross untuk bisa mendapatkan awareness dan juga target pasar mereka kembali karena mereka harus bertahan di era kompetitor yang memiliki target pasar yang serupa dengan mereka. Oleh karena itu, untuk meningkatkan dan memperluas awareness terhadap nama brand dan tagline, mereka membuat sebuah event festival musik "Wild Ground Fest". Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Starcross dalam meningkatkan brand awareness melalui kegiatan promosi melalui event Wild Ground Festival. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori promosi dan teori brand awareness. Hasil dari penelitian ini adalah Starcross sendiri memiliki cara untuk meningkatkan brand awareness dengan kegiatan promosi melalui media event festival, karena mereka ingin menemukan kembali brand awareness dari starcross, sebenarnya pasar di Jogja dan sekitarnya sudah mengetahui pesan apa yang dibawa oleh brand starcross itu sendiri, namun pada kesempatan kali ini mereka ingin mencoba mengembangkan media yang lebih besar lagi yaitu Festival yang lebih besar lagi jumlah orang yang bisa datang, Starcross memutuskan untuk menggunakan media event festival karena melihat kedinamisan pasar dan juga perilaku pasar yang terus berubah-ubah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotional activity, Brand awareness, Event festival, Wild Ground |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:54 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42570 |