ZAHIRA SALSABILA (2023) GAYA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR DI SDN PENGGARUTAN 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Gaya komunikasi interpersonal memiliki peran penting dalam membangun motivasi belajar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk gaya komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membangun motivasi belajar dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gaya komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membangun motivasi belajar di SDN Penggarutan 01 Bumiayu Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Penggarutan 01 Bumiayu Brebes. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa gaya komunikasi interpersonal "authoritative style" lebih sering digunakan oleh orang tua yang memiliki anak dengan prestasi tinggi dalam membangun motivasi belajar anak. Gaya komunikasi interpersonal "permissive style" digunakan oleh orang tua kepada anak baik yang berprestasi tinggi maupun rendah yang menampilkan tuntutan tinggi dan respon rendah, dalam hal ini memberikan kebebasan kepada anak dalam belajar. Sedangkan gaya yang cenderung tidak sering digunakan oleh orang tua dalam komunikasi interpersonal adalah "authoritarian style". Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses pembentukan karakter adalah faktor kondisi fisik tatap muka, faktor peran sebagai bapak dan ibu, faktor kronologi berulang kali dan faktor pembahawaan bahasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interpersonal Communication Style, Parents, Children, Learning Motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 01:38 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 01:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42630 |