RIANDINI SEPTIANI (2023) ANALISIS SWITCHING INTENTION PENGGUNA CASH PAYMENT KE DIGITAL PAYMENT (LINKAJA) DENGAN PENDEKATAN PUSH-PULL-MOORING (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (915kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (202kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini membuat sektor keuangan menjadi salah satu sektor yang sangat terpengaruh. Fintech merupakan terobosan inovasi baru yang menggabungkan layanan keuangan dengan teknologi informasi berbasis digital, yang mengubah model bisnis layanan keuangan dari manual menjadi otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Intensi Perpindahan konsumen pengguna pembayaran tunai ke layanan pembayaran digital dengan menggunakan pendekatan Push-Pull-Mooring (PPM), dengan studi kasus Mahasiswa Universitas Muahmmadiyah Yogyakarta. Penelitian ini mengkaji berbagai faktor yang memengaruhi intensi Perpindahan layanan berdasarkan model Push-Pull-Mooring (PPM). Data primer untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur, dengan total 376 responden. Variabel independen yang diperhatikan meliputi Push Effect, Pull Effect, dan Mooring Effect, sementara variabel dependen adalah Intensi Perpindahan (Switching Intention). Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Temuan penelitian, Push Effect berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Perpindahan sehingga konsumen cenderung beralih dari pembayaran tunai. Pull Effect menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Perpindahan, sehingga konsumen cenderung untuk berpindah dan menggunakan pembayaran digital. Terakhir, Mooring Effect ditemukan berpengaruh positif dan signifikan untuk menghambat terhadap Intensi Perpindahan. Konsumen cenderung bertahan di produk lama dan memiliki tingkat loyalitas tinggi terhadap layanan pembayaran tunai. Hasil ini berimplikasi bahwa perilaku konsumen dalam melihat fintech adalah komplementer, bukan secara penuh berpindah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial Technology, Digital Payments, PLS-SEM, Push-Pull-Mooring, Switching Intention |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 06:58 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42675 |