THE ROLE OF PRODUCT DESCRIPTION ON PURCHASE INTENTION MEDIATED BY PRODUCT INVOLVEMENT AND PLATFORM INVOLVEMENT IN CROSS-BORDER E-COMMERCE (STUDY CASE: SHOPEE IN YOGYAKARTA)

TSABITA AVIDA HAYA (2023) THE ROLE OF PRODUCT DESCRIPTION ON PURCHASE INTENTION MEDIATED BY PRODUCT INVOLVEMENT AND PLATFORM INVOLVEMENT IN CROSS-BORDER E-COMMERCE (STUDY CASE: SHOPEE IN YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak dari deskripsi produk terhadap niat beli, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui keterlibatan produk dan keterlibatan platform. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi deskripsi produk, keterlibatan kognitif produk, keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, keterlibatan situasional platform, dan niat beli.Penelitian ini dilakukan pada konsumen Shopee di Yogyakarta, Indonesia, dengan menggunakan sampel sebanyak 226 responden yang dipilih dengan menggunakan kombinasi purposive dan non-probability sampling. Google Forms digunakan untuk mengirimkan kuesioner kepada responden. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), yang menggunakan paket aplikasi AMOS 22. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa product description memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keterlibatan kognitif produk, keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, keterlibatan situasional platform, tetapi tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap purchase intention.  Keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, dan keterlibatan situasional platform memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan keterlibatan kognitif produk tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, dan keterlibatan situasional platform secara signifikan dan positif memediasi hubungan antara deskripsi produk dan niat beli, sedangkan keterlibatan kognitif produk tidak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: product description, purchase intention, product cognitive involvement, product affective involvement, platform enduring involvement, platform situational involvement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:49
Last Modified: 08 Nov 2023 07:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42690

Actions (login required)

View Item
View Item