PENINGKATAN MOTIVASI MEMBACA SANTRI KHALAFIYAH MELALUI "PERPUSTAKAAN GANTUNG" DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KEBUMEN JAWA TENGAH

M. FADLI NUGRAHA (2023) PENINGKATAN MOTIVASI MEMBACA SANTRI KHALAFIYAH MELALUI "PERPUSTAKAAN GANTUNG" DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KEBUMEN JAWA TENGAH. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis dimensi dan proses motivasi membaca pada santri. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan terdiri dari enam santri, tiga ustaz dan satu pimpinan divisi perpustakaan kabupaten kebumen. Data diambil melalui interview tidak terstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi foto yang dianlisis dengan reduction, code behaviors, dan content analysis. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan bahwa latar belakang hadirnya perpustakaan gantung dapat dilihat dari sejarah dan ide dari pimpinan Pondok Pesantren Al-Kamal. Pelaksanaan Perpustakaan Gantung dapat dilihat dari aspek desain, Jumlah, jadwal, durasi, rotasi, peminjaman, dan penyelia. Sedangkan dimensi motivasi membaca terditeksi ada dua yaitu intrinsik dan regulasi serta proses motivasi ada empat fase yaitu triggered, maintained, emerging individual, dan well-developed individual interest.Efektivitas dapat dianalisis melalui exemplification theory dan child, content, contexttheory (3C). Efektivitas program perpustakaan gantung telah tercapai sesuai dengan tujuannya serta istilah perpustakaan gantung lebih tepat disebut dengan pojok baca sesuai dengan Undan Undang Dasar Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: reading motivation, students, hanging library program, Islamic boarding school
Divisions: Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:58
Last Modified: 08 Nov 2023 06:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42740

Actions (login required)

View Item
View Item