M. ADI KURNIAWAN (2023) PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN RESPON MASYARAKAT SEKITAR DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PT. MADUBARU PG-PS MADUKISMO, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Program corporate social responsibility (CSR) adalah program yang harus dijalankan oleh perusahaan karena dengan adanya program tersebut dapat menciptakan keharmonisan dengan masyarakar setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program corporate social responsibility di PT Madubaru PG-PS Madukismo serta respon Masyarakat dalam pandangan etika bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan CSR PT Madubaru diwujudkan dalam bentuk Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program- program yang dilaksanakan yaitu di bidang kemitraan dan lingkungan, bantuan sarana prasarana, dan bantuan pendidikan. Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan CSR PT Madubaru adalah menggunakan mixed type dengan menggunakan prinsip sustainability (keberlanjutan), accountability (pertanggungjawaban) dan transparency (keterbukaan). Sasaran program CSR adalah Masyarakat yang dekat dengan pabrik dan berhak mendapatkan bantuan seperti petani tebu, kaum dhuafa dan yatim piatu. Mengenai respon masyarakat terhadap penerapan Corporate Social Responsibility PT. Madubaru menuai respon positif karena penerapan CSR dengan ketiga elemen tersebut sesuai dengan prinsip etika bisnis islam yaitu, prinsip ketauhidan, prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggungjawab dan prinsip kejujuran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CSR, Community Response, Islamic Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42797 |