ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BROKOLI DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG

AHMAD REFFKY HADIANSYAH PUTRA (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BROKOLI DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran brokoli di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, menganalisis biaya, keuntungan, marjin pemasaran, dan farmer's share brokoli, mengetahui efisiensi pemasaran brokoli. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  kuantitatif. Penentuan sampel lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling. Dalam penentuan responden petani menggunakan metode proportional random sampling. Pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan metode snowball sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Analisis saluran pemasaran brokoli di Desa Batur. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, agar dapat mengetahui saluran pemasaran, biaya pemasaran, farmer's share, marjin pemasaran, dan efisiensi pemasaran brokoli menggunakan indikator Indeks Efisiensi Ekonomis (IEE) dan Indeks Efisiensi Teknik (IET). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap pemasaran brokoli terdapat tiga saluran pemasaran brokoli yang ada di Desa Batur Kecamatan Getasan. Saluran I Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Pengecer. Saluran II Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer. Saluran III Petani - Pedagang Pengepul - Tengkulak - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer. Biaya pemasaran yang paling rendah dikeluarkan terdapat di saluran I yaitu sebesar Rp 785,38/kg. Margin pemasaran paling tinggi adalah saluran III. Keuntungan pemasaran saluran III merupakan yang paling tinggi. Farmer's share saluran I merupakan yang paling tinggi dengan persentase 57%. Berdasarkan indeks efisiensi teknis (IET) saluran I merupakan saluran yang efisien dibandingkan saluran lainnya dengan nilai 65,44. Sedangkan berdasarkan Indeks Efisiensi Ekonomis (IEE) saluran I merupakan saluran yang paling efisien dibandingkan saluran lainnya yaitu sebesar 6,69.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: broccoli, IEE, IET, marketing efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:51
Last Modified: 09 Nov 2023 02:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42823

Actions (login required)

View Item
View Item