TRANSPARANSI PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus: Kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo di Kabupaten Batang pada tahun 2012-2017)

Fifi Widyawati TRANSPARANSI PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus: Kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo di Kabupaten Batang pada tahun 2012-2017). S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
SINOPSIS.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB.I.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB.II.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf

Download (18MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo dalam masa jabatannya di Kabupaten yang inovatif adanya oleh pengakuan warganya dan masyarakat pada umumnya. Yoyok Riyo Sudibyo membuat gebrakan baru di Kabupaten Batang yang semula terpuruk oleh masalah korupsi yang dilakukan oleh bupati Batang pada periode sebelumnya. Penelitian ini mengkaji bagaimana kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo dalam mewujudkan transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah di Kabupaten Batang pada tahun 2012-2017. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gaya kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo sebagai kepala daerah dalam mewujudkan transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Batang pada periode 2012- 2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran secara jelas suatu fenomena atau kenyataan sosial yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Jenis data yang digunakan yaitu pertama data primer, data yang diperoleh langsung dari melalui wawancara dan observasi. Kedua adalah data sekunder, data yang diambil dari dokumen dan laporan-laporan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dimana data yang diperoleh di klasifikasikan, digambarkan dengan kata-kata atau kalimat menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil penelitian tentang kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo dalam mewujudkan transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah di Kabupaten Batang pada periode 2012-2017 sudah baik, terlihat dari Kepala Daerah yang mampu menjalankan masa kepemimpinannya secara bertanggung jawab dan transparan sesuai dengan salah satu nilai atau prinsip dalam paradigma pemerintahan good governance. Dalam kepemimpinannya Yoyok Riyo Sudibyo juga sudah baik dalam melaksanakan gaya kepemimpinan yang transformasional. Gaya kepemimpinan yang dibutuhkan oleh masyarakat Batang untuk membangun serta menggali potensi yang ada di daerah Batang secara maksimal.
Maka pada penelitian ini telah disimpulkan bahwa kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo sudah dikatakan baik sesuai dengan teori kepemimpinan transformasional dan penerapan paradigma pemerintah yang good governance karena dalam prakteknya beliau telah mewujudkan transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah di Kabupaten Batang pada tahun 2012-2017. Saran yang dapat diberikan pada hasil penelitian ini adalah pada penerapan prinsip-prinsip good governance alangkah lebih baik apabila didorong dengan kecanggihan teknologi, setiap instansi yang ada di Kabupaten Batang perlu membangun sistem "one door service" yang berbasis online agar lebih terintegrasi keterbukaan informasi sesuai dengan regulasi yang berlaku

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email pkluin@gmail.com
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:49
Last Modified: 21 Nov 2023 03:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42884

Actions (login required)

View Item
View Item