PENGARUH PERSEPSI PADA ORGANISASI TERHADAP MINAT BERORGANISASI MAHASISWA DENGAN RELIGIUSITAS DALAM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MUHAMMAD HAFIZH RENALDI (2023) PENGARUH PERSEPSI PADA ORGANISASI TERHADAP MINAT BERORGANISASI MAHASISWA DENGAN RELIGIUSITAS DALAM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa adalah individu yang sedang mengembangkan keilmuannya di perguruan tinggi. Fungsi dari mahasiswa sebagai agen perubahan, penyampai kebenaran dan generasi penerus masa depan. Organisasi merupakan suatu wadah yang tepat untuk pengembangan diri mahasiswa serta menjalankan tiga fungsi tersebut. Organisasi mahasiswa merupakan wadah untuk berkembangnya potensi diri serta minat bakat yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Mahasiswa akan mempersepsikan suatu organisasi dengan melihat, menilai, menginterpretasikan melalui proses pengamatan terhadap pelaku organisasi. Beberapa mahasiswa menganggap organisasi adalah hal yang positif dan beberapa juga menganggap hal yang negatif. Penelitian ini bermaksud untuk mencari pengaruh persepsi pada organisasi terhadap minat berorganisasi mahasiswa dengan religiusitas dalam organisasi sebagai variabel moderator di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Angkatan 2021 - 2022 yang berjumlah 806 mahasiswa dengan sampel sebanyak 86 Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dengan persamaan pertama didapatkan bahwa nilai F Hitung sebesar 10,181 yang berarti bahwa pengaruh positif dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. 0,000 kurang dari 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan "Persepsi dan Religiusitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berorganisasi". Hasil penelitian dengan persamaan kedua didapatkan bahwa nilai F Hitung sebesar 8,090 yang berarti bahwa pengaruh positif dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. 0,000 kurang dari 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan "Persepsi, Religiusitas dan Persepsi*Religiusitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berorganisasi". Persepsi pada organisasi mahasiswa di dapatkan hasil rata - rata 2.47 dari 4 nilai. Gambaran minat berorganisasi mahasiswa didapatkan hasil rata - rata 2.27 dari 4 nilai maksimal. Terdapat peran simultan atau serentak antara variabel Persepsi dan variabel Religiusitas terhadap Minat Berorganisasi sebesar 19,1persen. Terdapat peran simultan antara variabel Persepsi, variabel Religiusitas, dan variabel Persepsi*Religiusitas (moderasi) terhadap Minat Berorganisasi sebesar 22,2persen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perception, Interest, Organization, Student
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:36
Last Modified: 23 Nov 2023 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42910

Actions (login required)

View Item
View Item