HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DENGAN KINERJA GURU ALUMNI ESQ PEDULI PENDIDIKAN ANGKATAN I CIREBON

SIGIT SETYAWAN (2006) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DENGAN KINERJA GURU ALUMNI ESQ PEDULI PENDIDIKAN ANGKATAN I CIREBON. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dengan kinerja guru alumni ESQ Peduli Pendidikan angkatan I di Cirebon. Hipotesis yang akan diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional (EQ) dengan kinerja guru; (2) terdapat hubungan postitif antara kecerdasan spiritual (SQ) dengan kinetja guru; (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dcngan metode survei. Populasi target adalah guru-guru alumni ESQ peduli pendidikan angkatan I di Cirebon yang dilaksanakan tahun 2005 sebanyak 252 orang. Sampel diambil dengan teknik stratifield random sampling, sebanyak 10%, berjumlah 25 responden. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, kecerdasan spiritual (SQ) mempunyai kontribusi yang berarti terhadap kccerdasan emosional (EQ) dalam hubungannya dengan kinerja guru. Dari hasil perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa tingkat korelasi X, dengan Y, dikontrol oleh X2 mencapai angka ry12 = 0.420 dengan hasil pengujian signifikasi didapatkan nilai t = 2,17. Bila nilai t empirik tersebut dikonsultasikan dengan tabel t teoritik dengan db = 22, maka te = 2,17 > tt = 2,074 pada tarap signifikan 5% (taraf kepercayaan 95%). Kedua, kecerdasan emosional (EQ) mempunyai kontribusi yang cukup terhadap kecerdasan spiritual (SQ) dalam hubungannya dengan kinerja guru. Dari hasil perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa tingkat korelasi X2 dengan Y, dikontrol X1 mencapai angka ry2.1 = 0.22 dengan hasil pengujian signifikasi didapatkan nilai t = 1.04. Jika nilai t empirik tersebut dikonsultasikan dengan tabel t teoritik dengan db = 22, maka te, = 1,04 > ti = 0,858 pada tarap signifikan 40% (taraf kepercayaan 60%). Ketiga, terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional (EQ) (Xi) dan kecerdasan spiritual (X2) dengan kinerja guru (Y). Hasil analisis korelasi ganda didapatkan nilai koefisien ry.12 = 0.628. Dengan db = 2 dan 22 harga Fe (Fempirik) ternyata lebih besar dari harga teoritiknya, Fe = 7,18 > Ft > =3,44 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kinerja guru dengan cara meningkatkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam menjalankan tugas yang mulia dalam rangka mengangkat harkat anak bangsa, dengan berlandaskan keiklasan dengan niat amal sholeh, dalam bentuk amal ilmu yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:20
Last Modified: 18 Dec 2023 02:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43045

Actions (login required)

View Item
View Item