SURAWAN (2014) ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (2MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB. VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan Akhlak diajarkan setiap minggu (1 jam pelajaran= 40 menit), dengan harapan mampu membekali para siswa selama atau setelah tamat dari sekolah Muhammadiyah. Namun, pendidikan. Akhlak yang dikelola di sekolah Muhammadiyah perlu dievaluasi dengan harapan sebagai sebuah program mampu berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kualitas pembelajaran akhlak dengan model CIPP (konteks, masukan, proses dan produk) di SMP Muhammadiyah Bantul Kota.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian evaluasi. Subyek penelitian ini adalah 28 siswa SMP Muhammadiyah Bantul Kota dan seorang guru Pendidikan Akhlak. Penggalian data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama dari segi konteks, yang meliputi: dukungan dari sekolah berupa pencarian beasiswa BSM, BOS dan beasiswa yang lainya. Dukungan dari orang tua sangat baik. Semua materi mampu diajarkan sesuai dengan rencana guru (program tahunan dan semester). Sedangkan materi yang sulit dialami siswa pada pembahasan korupsi, sementara materi yang dianggap mudah tentang adab. Kedua, dari segi input yang meliputi kemampuan siswa, diawal pre test termasuk rendah. Namun, setelah dilakukan test kedua yaitu UTS mengalami peningkatan yang baik. Kesungguhan siswa dalam mengikuti pelajaran sangat baik. Sarana dan prasana cukup baik sedangkan peraturan yang mendukung pembelajaran akhlak berupa buku tata tertib yang sudah disosialisasikan setiap awal tahun pelajaran. Ketiga, dari segi proses yang meliputi kesesuaian jadwal dengan program sudah berjalan dengan baik. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sangat baik, Pemanfaatan sarana dan prasarana belum maksimal, karena sarana dan prasana masih sangat minimal. Kendala pembelajaran akhlak meliputi siswa belum memiliki buku pegangan, media yang minim, kedisiplinan siswa yang masih rendah dan keaktifan siswa. Keempat, dari segi produk yang terdiri dari sikroniasi antara tujuan dan ketercapaian, secara akademik siswa mengalami peningkatan yang sangat baik. Sedangkan siswa memperoleh pengalaman hidup. Siswa menyakini bahwa pembalajaran akhlak mampu menuntun siswa dalam berinteraksi sehari-hari.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral education, evaluation, CIPP Model (context, input, process and product) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:27 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 06:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43051 |