PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA

RISNAWATI PASARIBU (2017) PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
RISNA 2 PENGESAHAN.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
RISNA 9 abstrak tesis.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
RISNA 10 TESIS BAB I .pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
RISNA 11 TESIS BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
RISNA 12 TESIS BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
RISNA 13 TESIS BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
RISNA 14 TESIS BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
RISNA 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
RISNA 16 LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat hafalan Al-Qur’an siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (2) mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (3) mengetahui tingkat prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (4) mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (5) mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (6) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (7) mengetahui Pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa merupakan pengaruh yang signifikan atau melalui kedisiplinan belajar (variabel antara).
Jenis penelitian yang penulis gunakan di sini adalah penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian survei, yaitu penelitian yang mengumpulkan informasi dari suatu sampel dengan menanyakan melalui angket atau interview. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 SD Muhammadiyah Suronatan sejumlah 220 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Teknik ini disebut juga teknik sampling berlapis atau berjenjang. Jumlah sampel penelitian sejumlah 150 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner yang digunakan untuk mengukur kedisiplinan belajar, dan dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk pengumpulan data hafalan Al Qur’an dilihat dari jumlah surat yang dihafal oelh siswa dalam juz dan prestasi belajar dari hasil rapor semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui keshahihan instrumen angket dan tes, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis data, yaitu uji normalitas dengan rumus korelasi product moment dan regresi. Untuk Analisis Data dan hipotesis, menggunakan teknik Uji Asumsi Structural Equation Model (SEM).
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini, dapat di simpulkan: (1) Tingkat hafalan Al-Qur’an siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta, termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Tingkat kedisiplinan belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta, termasuk dalam kategori baik. (3) Tingkat prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta, termasuk dalam kategori sangat baik. (4) Ada pengaruh yang signifikan hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (5) Ada pengaruh yang signifikan hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (6) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (7). Pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta, merupakan pengaruh langsung atau sebagai variabel yang paling dominan. Dapat kita lihat pada hasil uji analisis jalur di tabel 16, pengaruh tidak langsung hafalan Al-Quran terhadap Prestasi belajar sebesar 0,121 lebih kecil dari pengaruh langsung hafalan Al-Quran terhadap prestasi belajar sebesar 0,204.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Memorization, Learning Discipline, Academic Achievement
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:59
Last Modified: 19 Dec 2023 07:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43070

Actions (login required)

View Item
View Item