SITI NURHAYATI (2018) KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PERSPEKTIF MODEL KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN KULON PROGO. S2 thesis, UNSPECIFIED.
2) Halaman Depan_Ok Siti.pdf
Download (1MB)
3) Halaman Pengesahan Siti N.pdf
Download (474kB)
4) abstrak_1.pdf
Download (82kB)
#BAB I tesis Siti Nurhayati 20141010035.pdf
Download (574kB)
#BAB II tesis Siti Nurhayati 20141010035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (700kB)
#Bab III Tesis Siti Nurhayati 20141010035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
#BAB IV tesis Siti Nurhayati 20141010035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (966kB)
#BAB V tesis Siti Nurhayati 20141010035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
10) Daftar Pustaka tesis Siti Nurhayati 20141010035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pemahaman kepala madrasah tentang model kepemimpinan yang melayani (2) mengetahui prinsip-prinsip model kepemimpinan yang melayani terimplementasi dalam prioritas kerja kepala madrasah (3) mengetahui peluang pengembangan model kepemimpinan yang melayani di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, Data penelitian diperoleh dari empat Madrasah Aliyah di Kabupaten Kulon Progo dengan sasaran informan empat Kepala Madrasah Aliyah di Kulon Progo. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan: (1) Pemahaman
kepala madrasah tentang kepemimpinan yang melayani cukup baik, yaitu a) pengertian kepemimpinan melayani yakni mau mendengar, b) fungsi kepemimpinan yang melayani untuk menyadari diri c). tujuan menyembuhkan, secara umum kepala madrasah melaksanakanya tetapi masih dalam lingkup kinerja peran seorang kepala madrasah (2) Prinsip-prinsip model kepemimpinan yang melayani terimplentasi dalam praktek kerja kepala madrasah baik, yaitu : a) faktor-faktor kepemimpinan yang melayani kepala madrasah dapat membangun komunitas, memberikan arahan, berperilaku etis, dan berhubungan dengan orang lain b) Hal yang mendukung dalam implentasi kerja yakni memberdayakan guru sesuai dengan kompetensinya, c) Hal yang menghambat kepemimpinan yang melayani kurangnya empati dan produk/hasil kepemimpinan yang melayani. (3) Peluang pengembangan model kepemimpinan yang melayani kepala madrasah aliyah baik, yaitu: a) berpeluang visi misi madrasah ke masa depan, senantiasa menjaga kehormatan, dan memberi kasih sayang. b).Strateginya melaksanakan konseptualisasi dan meningkatkan kesejahteraan. c).Harapan kepala dapat menumbuhkan orang, mampu persuasi, menjaga kepercayaan dan posisi/jabatan. Penelitian ini memberikan kontribusi peran kepala madrasah sebagai leadership dapat melaksanakan sikap/perilaku yang melayani dalam mewujudkan program madrasah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | servant leadership, madrasa head |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 06:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 06:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43077 |