EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

LINDA WIDIYANTI (2018) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
2 Halaman Judul.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
3) Halaman Pengesahan Linda.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstract - Linda Widiyanti.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I. Linda.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II Linda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.Linda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.Linda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V Linda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.Linda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran .Linda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis
tingkat pendidikan karakter dalam ranah afektif nilai kejujuran, dan mengetahui strategi dalam meningkatkan kejujuran siswa SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method),yaitu metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa.Pengumpulan data diambil melalui angket,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan karakter kejujuran siswa SD Muhammadiyah sapen adalah sebagai berikut: dalam kategori sangat baik (>97,5) sebanyak 2 siswa, kategori baik (75 sd 97,5) sebanyak 27 siswa, kategori kurang (52,5 sd 75) sebanyak 2 siswa, sedangkan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat kurang (<52,5). Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kejujuran siswa SD Muhammadiyah Sapen termasuk dalam kategori baik. Pendidikan karakter kejujuran di SD Muhammadiyah Sapen dilakukan melalui 1) integrasi dalam pembelajaran, 2) budaya sekolah,3) kegiatan kegiatan ekstrakurikuler, dan 4) kerjasama dengan orang tua dan masyarakat. Pertama, pendidikan karakter kejujuran malalui integrasi pembelajarn dilakukan dengan cara menumbuhkan nilai kejujuran secara eksplisit maupun implisit dalam kurikulum dan pada pelaksanaan pembelajaran disekolah.Kedua, pendidikan karakter kejujuran melalui budaya sekolah dilaksanakan dalam lapisan artifak fisik dan perilaku nilai.,kesemuanya itu dilaksanakan melalui kegiatan keteladanan,kegiatan rutin,kegiatan spontan, dan pengkondisian.ketiga, pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dikelompokkan menjadi empat yaitu bidang agama, bahasa, seni, dan olahraga. Keempat, pendidikan karakter kejujuran dilaksanakan melalui kerjasama dengan orang tua dan masyarakat. Kerjasama dengan orang tua melalui kegiatan Sabtu pagi, dan konsultasi prestasi. Kerjasama dengan masyarakat dilaksanakan dengan mensosialisasikan program pendidikan karakter yang
dicanangkan sekolah kepada masyarakat sekitar sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluation, character values, honesty values
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:09
Last Modified: 20 Dec 2023 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43078

Actions (login required)

View Item
View Item