MUKHLAS WIDODO (2018) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ( SDIT ) HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.
Halaman Judul.pdf
Download (838kB)
2. Pengesahan_1.pdf
Download (515kB)
5. Abstrak_1.pdf
Download (87kB)
8. BAB I.pdf
Download (232kB)
9.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
11. BAB 1V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (806kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
13. DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
15. publish.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan gambaran persiapan dan pengembangan pendidikan SDIT Hidayatullah Yogyakarta; (2) memperoleh gambaran kesiapan aspek-aspek masukan, terutama karakteristik siswa, guru dan sarana prasarana SDIT Hidayatullah Yogyakarta; (3) memperoleh gambaran proses pembelajaran Full Day School , berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan ; (4) mengetahui hasil pembelajaran Full Day School bagi perkembangan siswa , terutama prestasi akademik, ketaatan beribadah, akhlakul karimah, dan kepribadian Islam siswa SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi program. Menggunakan model evaluasi CIPP (Context- Input - Process – Produc), pendekatan yang dipakai adalah Mixed Methode Research . Adapun lokasi yang dipilih adalah SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data, menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Dengan teknik analisa data Statistik Deskriptif Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat di simpulkan: (1) persiapan dan pengembangan sekolah dilakukan dengan 3 kegiatan : memberikan beasiswa bagi 10 % siswa yang kurang mampu, hasil promosi sekolah baik ditunjukan jumlah pendaftar melebihi jumlah yang diterima , dan dalam pengembangan pendidikan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. (2) Karakteristik siswa : berusia 10-12 tahun, 86% pernah sekolah di TK, 53,5% kedua orang tuanya bekerja, 90% siswa golongan mampu dan 10% kurang mampu; karakteristik guru : 93,3% lulusan S-1, dari PT Negri atau swasta terakreditasi, 56 % fakultas pendidikan, 70% mempunyai pengalaman mengajar diatas 4 tahun, dan 87% mempunyai jam mengajar diatas 24 jam, sedangkan kesiapan sarana prasarana sudah baik, kecuali sarana perkantoran belum sempurna. (3) Perencanaan pembelajaran 73% dalam kategori baik, pelaksanaan pembelajaran 56% sangat baik, penilaian belajar 86,7% sangat baik, dan pengawasan terhadap guru 60% sangat baik. (4) Hasil pembelajaran berupa prestasi akademik 78% dalam kategori baik, ketaatan beribadah siswa 59,5% baik, akhlakul karimah 55% kategori baik, dan kepribadian Islam 69% dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education Evaluation Program, Full Day School, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 09:20 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 09:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43132 |