EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ( SDIT ) HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

MUKHLAS WIDODO (2018) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ( SDIT ) HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
2. Pengesahan_1.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
5. Abstrak_1.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
8. BAB I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
9.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
11. BAB 1V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
13. DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
15. publish.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan gambaran persiapan dan pengembangan pendidikan SDIT Hidayatullah Yogyakarta; (2) memperoleh gambaran kesiapan aspek-aspek masukan, terutama karakteristik siswa, guru dan sarana prasarana SDIT Hidayatullah Yogyakarta; (3) memperoleh gambaran proses pembelajaran Full Day School , berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan ; (4) mengetahui hasil pembelajaran Full Day School bagi perkembangan siswa , terutama prestasi akademik, ketaatan beribadah, akhlakul karimah, dan kepribadian Islam siswa SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi program. Menggunakan model evaluasi CIPP (Context- Input - Process – Produc), pendekatan yang dipakai adalah Mixed Methode Research . Adapun lokasi yang dipilih adalah SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data, menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Dengan teknik analisa data Statistik Deskriptif Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat di simpulkan: (1) persiapan dan pengembangan sekolah dilakukan dengan 3 kegiatan : memberikan beasiswa bagi 10 % siswa yang kurang mampu, hasil promosi sekolah baik ditunjukan jumlah pendaftar melebihi jumlah yang diterima , dan dalam pengembangan pendidikan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. (2) Karakteristik siswa : berusia 10-12 tahun, 86% pernah sekolah di TK, 53,5% kedua orang tuanya bekerja, 90% siswa golongan mampu dan 10% kurang mampu; karakteristik guru : 93,3% lulusan S-1, dari PT Negri atau swasta terakreditasi, 56 % fakultas pendidikan, 70% mempunyai pengalaman mengajar diatas 4 tahun, dan 87% mempunyai jam mengajar diatas 24 jam, sedangkan kesiapan sarana prasarana sudah baik, kecuali sarana perkantoran belum sempurna. (3) Perencanaan pembelajaran 73% dalam kategori baik, pelaksanaan pembelajaran 56% sangat baik, penilaian belajar 86,7% sangat baik, dan pengawasan terhadap guru 60% sangat baik. (4) Hasil pembelajaran berupa prestasi akademik 78% dalam kategori baik, ketaatan beribadah siswa 59,5% baik, akhlakul karimah 55% kategori baik, dan kepribadian Islam 69% dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Education Evaluation Program, Full Day School, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Dec 2023 09:20
Last Modified: 21 Dec 2023 09:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43132

Actions (login required)

View Item
View Item