PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA DALAM MEMAHAMI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH WONODOYO SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NUNING HERI CAHYANI (2015) PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA DALAM MEMAHAMI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH WONODOYO SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
PENDAHULUAN-5.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II A-digabungkan (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV-digabungkan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pendampingan Belajar Orang Tua Dalam Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD Muhammadiyah Wonodoyo Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015, bertujuan 1) Untuk mengetahui materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Wonodono Sumbergiri Ponjong. 2) Untuk mengetahui bentuk pendampingan belajar orang tua terhadap keberhasilan belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Wonodono Sumbergiri Ponjong. 4) Untuk mengetahui hasil yang diperoleh berkenaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Wonodono Sumbergiri Ponjong. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena menekankan pada prosedur yang ketat dalam menentukan subyek sebagai data tunggal untuk memaparkan segala sesuatu yang terjadi sehingga menjadi kesimpulan. Dalam penentuan subjek adalah siswa. Karena siswa di SD tersebut, kurang dan 100 siswa maka dalam penelitian ini disebut penelitian populasi dengan jumlah penelitian adalah 95 orang. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode-metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Dalam analisa kuantitatif ini akan digunakan sebuah minus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Wonodoyo Sumbergiri Ponjong yaitu numbuhkembangkan akidah, berakhlak mulia, rajin beribadah, berdisiplin, bertoleransi dan mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah. Sedangkan pendampingan pemahaman materi PAI pada anak yang dilakukan oleh orang tua terhadap keberhasilan belajar pendidikan agama Islam adalah dengan tauladan dan penanaman kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan bagi keberhasilan hidup manusia. Metode orang tua dalam memberikan keberhasilan belajar pendidikan agama Islam adalah penugasan atau memerintahkan pada anak, terbukti yang menjawab ya ada 76 %, termasuk menyuruh ibadah ada 61 %.Sebagian orang tua siswa SD Muhammadiyah Wonodoyo Sumbergiri Ponjong telah menerapkan bimbingan kepada putra-putrinya agar dapat meningkat hasil belajarnya bidang studi pendidikan agama Islam, terbukti tentang jawaban orang tua yang selalu menyuruh anaknya agar belajar mencapai 76 %. Orang tua memaksa anak belajar 61 %, mengawasi saat ibadah dan belajar 63 %, senang belajar kelompok 84 %, bertanya jika ada kesulitan 69 %, selalu memeriksa nilai raport 100 %. 2) Bentuk-bentuk pendampingan belajar orang tua terhadap keberhasilan belajar Pendidikan Agama Islam adalah adalah sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap sarana belajar dan pendidikan, sebagai motivasi anak saat belajar di rumah,sebagai pengingat saat anak, sebagai penuntun saat anak memilih jurusan pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Parental learning assistance, understanding Islamic religious education material
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:28
Last Modified: 07 Feb 2024 05:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43139

Actions (login required)

View Item
View Item