STUDI KOMPARASI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK ANTARA SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DAN MTS NEGERI 2 YOGYAKARTA

MUNTOLIB (2017) STUDI KOMPARASI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK ANTARA SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DAN MTS NEGERI 2 YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
3. PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
4. abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
5. BAB I.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
12. publikasi jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Motivasi belajar mendorong siswa melakukan pendekatan belajar untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Tingkat kepercayaan diri merupakan aspek psikologis lain yang dapat mempengaruhi motivasi siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan siswa yang kurang mempunyai dorongan untuk berprestasi karena mempunyai rasa percaya diri yang rendah, siswa tidak yakin bahwa dirinya mampun menyelesaikan tugas sebagai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri dengan metode layanan bimbingan kelompok pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N II Kota Yogyakarta, masing-masing 10 siswa yang mempunyai nilai pretest terendah pada pengukuran motivasi belajar dan rasa percaya diri Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Wihiteny-U, uji Wilxocon dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan: 1)ada peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta; 2) ada peningkatan rasa percaya diri pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta; 3) ada perbedaan peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta, 4) ada perbedaan peningkatan rasa percaya diri pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta. Kesimpulan: Layanan bimbingan kelompok dengan metode pemberian informasi (metode ceramah), diskusi, dan pencipta suasana kekeluargaan (homeroom) memberikan efektivitas yang berbeda terhadap motivasi dan memberikan efektivitas yang sama terhadap rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivation, Self-confidence, Guidence group services
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Dec 2023 02:31
Last Modified: 26 Dec 2023 02:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43166

Actions (login required)

View Item
View Item