KHUSNUL MUALIM (2017) GAGASAN PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN (PERBANDINGAN PEMIKIRAN NAQUIB AL-ATTAS DENGAN PAULO FREIRE). S2 thesis, UNSPECIFIED.
Halaman Judul.pdf
Download (286kB)
khusnul pengesahan.pdf
Download (975kB)
ABSTRAK.pdf
Download (81kB)
BAB I .pdf
Download (218kB)
BAB II.koreksian.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
BAB III koreksian.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
JURNAL-GAGASAN PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Abstract
Pemikiran humanistik dalam pendidikan selalu menarik untuk dibahas. Banyak tokoh yang membahas tentang humanistik dalam pendidikan. Adapun di antara dua tokoh yang membahas tentang humanistik dalam pendidikan adalah Naquib al-Attas dan Paulo Freire. Dalam penelitian tujuan melakukan kajian tentang pemikiran humanistik dari kedua tokoh tersebut untuk mengetahui: (1) Arti dari humanistik dalam pendidikan; (2) Pemikiran humanistik dari kedua tokoh dalam penelitian ini; (3) Humanistik dalam pendidikan Islam; dan (4) Mencari persamaan dan perbedaan dari pemikiran humanistik kedua tokoh dalam konteks pendidikan Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna yang tersembunyi terhadap data yang berhasil dikumpulkan berdasarkan data primer. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Humanistik dalam pendidikan Islam merupakan proses pendidikan yang lebih memperhatikan aspek potensi manusia sebagai makhluk yang diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk mengembangkan potensi dalam diri; (2) Menurut Naquib al-Attas, humanistik merupakan konsep keagamaan yang menempatkan manusia dengan memperhatikan tanggung jawab. Sedangkan menurut Paulo Freire, humanistik merupakan konsep memberikan kebebasan kepada individu manusia; (3) Humanistik dalam pendidikan Islam merupakan sebuah upaya perwujudan ataupun manifestasi dari proses diri dalam dunia pendidikan Islam; (4) Persamaan dari teori kedua tokoh tersebut terletak pada objeknya, yaitu manusia. Sedangkan perbedaannya terletak pada dasar, tujuan, konsep manusia dan nilai.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humanistic, Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 02:45 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 02:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43167 |