MARDIANA (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP EFEKTIFITAS PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR'AN PADA LANSIA DI MAJELIS UMMAHAT ISHLAHUNNISA' NGEBEL YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
3. Halaman Pengesahan.pdf
Download (504kB)
Abstrak.pdf
Download (1MB)
5. BAB I.pdf
Download (773kB)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (917kB)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
12. Naskah Publikasi Mardiana.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan memahami karakteristik santri lansia dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an di Majelis Ummahat Ishlahunnisa' Ngebel Yogyakarta; (2) Mengetahui perbedaan peningkatan hafalan pada lansia antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol; (3). Mengetahui pengaruh penerapan metode Mimicry Memorization terhadap efektivitas peningkatan hafalan Al-Qur'an pada lansia di majelis Ummahat Ishlahunnisa' Ngebel Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian Quasy ekperimen nonequivalent control group design yakni desain yang menggunakan pre-test and post-test control with group design. Jumlah sampelnya 36 responden diperoleh melalui teknik purvose sampling (18 intervensi dan 18 kontrol). Kelompok intervensi diberikan intervensi metode Mimicry Memorization sedangkan kelompok kontrol tetap menggunakan metode Kauny Quantum Memory yang biasa digunakan di majelis tersebut. Data dikumpulkan melalui lembar penilaian peningkatan hafalan Al-Qur'an. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi, uji Paired T-Test dan uji Independent T-Test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) Karakteristik usia responden berada pada jenjang usia middle age, latar belakang pendidikan pada responden bervariatif yakni dari tidak mengenyam pendidikan hingga pendidikan strata satu, Mimicry Memorization efektif digunakan pada responden yang mengalami gangguan penglihatan, Mimicry Memorization dapat digunakan meskipun responden sering mengalami lupa (mengalami memori jangka pendek; (2) Terjadi peningkatan jumlah hafalan baik dari kelompok intervensi maupun kelompok kontrol, hanya saja kelompok intervensi Mimicry Memorization lebih menunjukan hasil yang lebih signifikan; (3) Terdapat pengaruh penerapan metode Mimicray Memorization terhadap efektifitas peningkatan hafalan Al-Qur'an pada lansia di Majelis Ummahat Ishlahunnisa' Ngebel Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mimicry Memorization, Elderly, Al-Qur'an Memorization Improvement |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 04:09 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 04:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43173 |