BAGUS ADI WIJAYA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI SLEMAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (334kB)
ABSTRAK.pdf
Download (363kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran tarikh setelah scientific approach diterapkan. Disamping itu, riset ini juga mengawasi ciri proses pelaksanaan scientijic approach di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pretest. Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh dengan menggunakan scientific approach cenderung meninglcat signifikan. Seperti dalam siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (86,20%) dan pertemuan II prosentase kelulusan siswa mencapai (89,65%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (96,55%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan II menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (100%). Jadi, hasil belajar siswa sebelum diterapkannya scientific approach hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh masih belum optimal. Penerapan scientific approach sudah sesuai dengan skenario peneliti, dan setelah diterapkannya scientific approach, hasil belajar siswa kelas VB mengalami peningkatan serta penerapan scientific approach mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan kemandirian kreativitas dalam belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Learning Outcomes, Scientific Approach, Classroom Action Research, Tarikh |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 05:59 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 05:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43257 |