PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI SLEMAN

BAGUS ADI WIJAYA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI SLEMAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran tarikh setelah scientific approach diterapkan. Disamping itu, riset ini juga mengawasi ciri proses pelaksanaan scientijic approach di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pretest. Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh dengan menggunakan scientific approach cenderung meninglcat signifikan. Seperti dalam siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (86,20%) dan pertemuan II prosentase kelulusan siswa mencapai (89,65%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (96,55%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan II menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (100%). Jadi, hasil belajar siswa sebelum diterapkannya scientific approach hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh masih belum optimal. Penerapan scientific approach sudah sesuai dengan skenario peneliti, dan setelah diterapkannya scientific approach, hasil belajar siswa kelas VB mengalami peningkatan serta penerapan scientific approach mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan kemandirian kreativitas dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Scientific Approach, Classroom Action Research, Tarikh
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2024 05:59
Last Modified: 10 Jan 2024 05:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43257

Actions (login required)

View Item
View Item