ELLENTISA NATAN DWITASARI (2024) EFEKTIFITAS EDUKASI CUCI TANGAN DENGAN METODE VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG CUCI TANGAN DI SMP NEGERI 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (821kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Bab I.pdf
Download (269kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar Belakang : Aktivitas mencuci tangan berperan penting dalam mencegah penyebaran penyakit infeksi. Siswa sekolah menengah pertama merupakan kelompok sasaran penting untuk pendidikan mengenai praktik kebersihan tangan, karena mereka sangat rentan terhadap infeksi pernapasan dan saluran cerna serta berpotensi menjadi vektor penularan. Menggunakan teknik cuci tangan yang benar dapat membuat diri terhindar dari penyebaran penyakit.Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas edukasi cuci tangan secara teknik video animasi guna menaikan sikap serta wawasan anak mengenai mencuci tanganMetodePenelitian : Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain kelompok kontrol dengan pretest dan posttest. Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banguntapan berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai responden. Pada kelompok perlakuan berjumlah 109 sampel dan tidak ada kelompok kontrol. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dan tes Wilcoxon digunakan untuk menganalisisnya.Hasil Penelitian : Hasil uji tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan yang baik dan benar pada kelompok perlakuan, pengetahuan cuci tangan, p = 0,001 menandakan hasil yang signifikan, sedangkan untuk sikap didapatkan p = 0,160 berupa hasil tidak signifikan.Kesimpulan : Pendidikan menggunakan metode video animasi tentang cuci tangan yang baik dan benar efektif meningkatkan pengetahuan siswa tentang cuci tangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hand washing knowledge and hand washing attitude |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:05 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43453 |