PERBANDINGAN EFEKTIVITAS METODE MENYIKAT GIGI FONES DAN MODIFIED BASS TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK PADA ANAK DOWN SYNDROME USIA 6-12 TAHUN

ANNISA WIDYA PRASASTI (2024) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS METODE MENYIKAT GIGI FONES DAN MODIFIED BASS TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK PADA ANAK DOWN SYNDROME USIA 6-12 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Perawatan gigi pada anak berkebutuhan khusus merupakan hal yang harus menjadi perhatian khusus bagi dokter gigi karena sering terabaikan serta kurangnya kemampuan dan keterbatasan fisik menyebabkan usaha dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut sulit dilakukan. Down syndrome adalah salah satu kelainan bawaan yang paling umum terjadi di dunia. Perawatan gigi pada anak dengan Down syndrome penting untuk difokuskan pada perawatan pencegahan yaitu menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur. Metode Fones merupakan metode yang biasanya ditujukan untuk anak-anak karena metodenya mudah dilakukan dan dapat menghilangkan plak. Metode modified Bass dilaporkan dapat efektif menurunkan skor plak karena dapat menjangkau daerah interdental.Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan efektivitas dan mengetahui metode mana yang lebih efektif antara metode menyikat gigi Fones dan modified Bass terhadap penurunan indeks plak pada anak dengan Down syndrome usia 6-12 tahun.Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan desain pre-test dan post-test. Subyek penelitian penelitian ini berjumlah 22 orang. Subyek penelitian adalah anak Down syndrome usia 6-12 tahun yang sudah mampu menyikat gigi secara mandiri di SLBN 1 Bantul dan SLBN Pembina. Pengukuran indeks plak menggunakan Indeks Plak Loe dan Sillnes. Analisis data berupa perbandingan menggunakan uji Paired t-test dan Wilcoxon. Uji-t Independen digunakan untuk membandingkan kedua metode.Hasil Penelitian: Perbandingan metode Fones menunjukkan hasil signifikan sebesar 0,006 (P<0,05). Hasil metode modified Bass signifikan pada 0,005 (P<0,05). Perbandingan kedua metode menunjukkan perbedaan kedua perlakuan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,003 (P<0,05), selisih rata-rata indeks plak dari metode Fones sebesar 0,363 lebih besar dibandingkan dengan metode modified Bass.Kesimpulan: Terdapat perbedaan efektifitas antara metode menyikat gigi Fones dengan metode sikat gigi modified Bass dalam menurunkan indeks plak pada anak Down syndrome usia 6-12 tahun, metode Fones terbukti lebih efektif dalam menurunkan skor plak dibandingkan dengan metode menyikat gigi modified Bass.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: down syndrome, metode fones, metode modified bass, indeks plak
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:15
Last Modified: 16 Feb 2024 06:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43487

Actions (login required)

View Item
View Item