FATA MU'MIN ASIFUDIN (2010) PERANAN PENDIDIKAN TAUHID TERHADAP PERILAKU IBADAH SANTRI KELAS XII DI PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (398kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (6MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
Abstract
Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal dengan tetap berdasarkan pada Al-Quf an dan Al-Hadits. Salah satu Pendidikan Islam yang terdapat di dalam Al-Qur'an dan A1-Hadits adalah ketauhidan. Tauhid merupakan aspek mendasar yang dipegang agama Islam. Aspek ini menjiwai seluruh sendi kehidupan Islam mulai dari sisi rohani hingga sisi jasmani. Pendidikan tauhid di Pondok Pesantren dan Madrasah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan berpedoman pada kemurnian tauhid, yang menghilangkan segala unsur kemusyrikan, tahayul, bid'ah dan Khurafat. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : (1) menguraian pendidikan tauhid di Pondok Pesantren MWI Kebarongan.; (2) menganalisa peranan pendidikan Tauhid terhadap perilaku ibadah santri di Pondok Pesantren MWI Kebarongan. Jenis penelitian yang diguiiakan adalah penelitian Iapangan (field research), dengan tipe penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dengan kategori deskriptif (descriptive reseach), penelitian merupakan penelitian kualitatif. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan empiris-sosiologis, dan yuridis-normatif. Populasi yang diteliti pada penelitian ini adalah santri-santri Kelas XII MWI Kebarongan, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan sampel acak sederhana (sample random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) perilaku manusia yang sangat dominan adalah perilaku operan yang merupakan perilaku yang dibentuk melalui proses belajar. Proses belajar, khususnya dengan pendidikan tauhid dengan demikian tentu akan berpengaruh terhadap perubahan perilaku seseorang yang melaluinya, termasuk di dalamnyaperilaku ibadahnya; (2) pelaksanaan pendidikan tauhid di Pondok Pesantren MWI Kebarongan berdasarkan pada buku yang berjudul Fathul Majid karya Imam Al-Mujaddid, Muhammad bin Abdul Wahhab At-tamimi sebagai rujukan utamanya, yang bertujuan utnuk senantiasa menemukan hakikat tauhid yang sesungguhnya, sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat Adz-Dzariyat Ayal 56 dan Firman Allah SWT dalam surat An-Nahl ayat 36; dan (3) berdasarkaA hasil penelitian, maka teori yang menyatakan bahwa perilaku manusia yang dominan adalah perilaku operan yang merupakan perilaku yang dibentuk melalui proses belajar. Dengan demikian, maka pendidikan tauhid di Pondok Pesantren MWI Kebarongan memiliki pCranan terhadap perubahan perilaku shalat santri.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UNITY OF GOD EDUCATION, STUDENT AT TRADITIONAL MOESLEM SCHOOL AND SERVE BEHAVIOR |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:17 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43545 |