SOFI NADIA (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS� ANXIETY LEVEL IN SPEAKING ENGLISH AND STUDENTS� CONFIDENCE LEVEL IN SPEAKING ENGLISH AT MUHAMMADIYAH PRIVATE SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dan kepercayaan diri bersifat psikologisaspek yang dapat mempengaruhi kemampuan berbicara dalam bahasa asing. Penelitian ini bertujuanuntuk mengeksplorasi korelasi antara tingkat kecemasan siswa dan tingkat kepercayaan dirikonteks berbicara bahasa Inggris di SMA Swasta di Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional.Populasi penelitian ini adalah 401 siswa pada salah satu SMA swasta di Kota YogyakartaYogyakarta dan sampelnya sebanyak 224 siswa. Peneliti mengumpulkan datamenggunakan dua kuesioner. Kuesioner pertama digunakan untuk menjawab pertanyaan pertamapertanyaan penelitian yang merupakan tingkat kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. ItuKuesioner kedua digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian kedua yaitutingkat kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Data dianalisis menggunakanstatistik deskriptif dan Korelasi Pearson Product Moment (r) melalui SPSSStatistik 23. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggrisberada pada kategori tingkat tinggi (69,67 � 95,00) dan tingkat kepercayaan diri siswa dalamberbahasa Inggris berada pada kategori rendah (19.00 � 44.32). Hasilnya jugamengungkapkan bahwa nilai signifikansi 0,031 < 0,05 dan nilai korelasi (rvalue) sebesar -0,144 yang berarti terdapat korelasi negatif, hal ini menunjukkan keduanyavariabel bergerak dalam arah yang berlawanan. Jika satu variabel meningkat, maka variabel lainnya meningkatvariabel berkurang dengan jumlah yang sama. Hal ini berarti semakin tinggi kecemasan,semakin rendah tingkat kepercayaannya.
Dosen Pembimbing: | Mariska Intan Sari, S.S., M.A. and Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum. | NIDN0520038002, NIDN0519108701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | anxiety level, confidence level, speaking skills, quantitative, descriptive quantitative |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 04:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 04:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |