SOFI NADIA (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS� ANXIETY LEVEL IN SPEAKING ENGLISH AND STUDENTS� CONFIDENCE LEVEL IN SPEAKING ENGLISH AT MUHAMMADIYAH PRIVATE SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (450kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Bab I.pdf
Download (103kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dan kepercayaan diri bersifat psikologisaspek yang dapat mempengaruhi kemampuan berbicara dalam bahasa asing. Penelitian ini bertujuanuntuk mengeksplorasi korelasi antara tingkat kecemasan siswa dan tingkat kepercayaan dirikonteks berbicara bahasa Inggris di SMA Swasta di Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional.Populasi penelitian ini adalah 401 siswa pada salah satu SMA swasta di Kota YogyakartaYogyakarta dan sampelnya sebanyak 224 siswa. Peneliti mengumpulkan datamenggunakan dua kuesioner. Kuesioner pertama digunakan untuk menjawab pertanyaan pertamapertanyaan penelitian yang merupakan tingkat kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. ItuKuesioner kedua digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian kedua yaitutingkat kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Data dianalisis menggunakanstatistik deskriptif dan Korelasi Pearson Product Moment (r) melalui SPSSStatistik 23. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggrisberada pada kategori tingkat tinggi (69,67 � 95,00) dan tingkat kepercayaan diri siswa dalamberbahasa Inggris berada pada kategori rendah (19.00 � 44.32). Hasilnya jugamengungkapkan bahwa nilai signifikansi 0,031 < 0,05 dan nilai korelasi (rvalue) sebesar -0,144 yang berarti terdapat korelasi negatif, hal ini menunjukkan keduanyavariabel bergerak dalam arah yang berlawanan. Jika satu variabel meningkat, maka variabel lainnya meningkatvariabel berkurang dengan jumlah yang sama. Hal ini berarti semakin tinggi kecemasan,semakin rendah tingkat kepercayaannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anxiety level, confidence level, speaking skills, quantitative, descriptive quantitative |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 04:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 04:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43561 |