AHMAD DZAKI (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (588kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Bab I.pdf
Download (342kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Perkembangan teknologi mempengaruhi kemajuan segala bidang kehidupan. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Kurangnya keterlibatan teknologi dalam pembelajaran menjadi penghambat perkembangan dunia pendidikan. Sehigga efek dari perkembangan teknologi ini membuat pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tradisional tidak lagi efektif. Seperti penggunaan buku pelajaran yang tidak lagi menarik bagi siswa di Sekolah Dasar. Terutama pada pelajaran bahasa Arab yang huruf dan penulisannya pun berbeda dengan bahasa Indonesia. Permasalahan-permasalahan ini yang menjadi latar belakang penelitian pengembangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif sehingga bisa menyelaraskan kemajuan teknologi dengan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan metode Model Lima Tahap (MANTAP) yang tediri dari Penelitian Pendahuluan, Pengembangan, Uji Validasi Model, Uji Coba Model, dan Diseminasi. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Uji Validasi Model karena keterbatasan tenaga dan waktu dengan sebab populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar Kelas 5 se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian: 1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Multimedia Interaktif untuk pembelajaran bahasa Arab Kelas 5 Sekolah Dasar yang disusun menggunakan Microsoft Office Power Point. Multimedia interaktif ini adalah salah satu solusi dari permasalahan dan kebutuhan guru Sekolah Dasar yang telah dianalisis pada tahap awal penelitian. 2) Hasil penilain dari para validator ahli terkait tingkat kelayakan menyatakan �Sangat Layak� dengan persentase rata-rata 93 persen dengan rincian 95 persen dari ahli materi, 89 persen dari ahli media, serta 94 persen dari praktisi pembelajaran bahasa Arab. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran bahasa Arab ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Interactive Multimedia, Arabic, Technology |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 04:00 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 04:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43565 |