PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN BAHASA ARAB

AHMAD DZAKI (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi kemajuan segala bidang kehidupan. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Kurangnya keterlibatan teknologi dalam pembelajaran menjadi penghambat perkembangan dunia pendidikan. Sehigga efek dari perkembangan teknologi ini membuat pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tradisional tidak lagi efektif. Seperti penggunaan buku pelajaran yang tidak lagi menarik bagi siswa di Sekolah Dasar. Terutama pada pelajaran bahasa Arab yang huruf dan penulisannya pun berbeda dengan bahasa Indonesia. Permasalahan-permasalahan ini yang menjadi latar belakang penelitian pengembangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif sehingga bisa menyelaraskan kemajuan teknologi dengan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan metode Model Lima Tahap (MANTAP) yang tediri dari Penelitian Pendahuluan, Pengembangan, Uji Validasi Model, Uji Coba Model, dan Diseminasi. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Uji Validasi Model karena keterbatasan tenaga dan waktu dengan sebab populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar Kelas 5 se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian: 1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Multimedia Interaktif untuk pembelajaran bahasa Arab Kelas 5 Sekolah Dasar yang disusun menggunakan Microsoft Office Power Point. Multimedia interaktif ini adalah salah satu solusi dari permasalahan dan kebutuhan guru Sekolah Dasar yang telah dianalisis pada tahap awal penelitian. 2) Hasil penilain dari para validator ahli terkait tingkat kelayakan menyatakan �Sangat Layak� dengan persentase rata-rata 93 persen dengan rincian 95 persen dari ahli materi, 89 persen dari ahli media, serta 94 persen dari praktisi pembelajaran bahasa Arab. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran bahasa Arab ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Interactive Multimedia, Arabic, Technology
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:00
Last Modified: 12 Feb 2024 04:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43565

Actions (login required)

View Item
View Item