Alifbatatsarel Andra Jihad P (2021) EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMIC COVID-19 (STUDI KASUS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (539kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (847kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (849kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (392kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman merupakan salah satu organisasi pemerintah yang terkena dampak dari adanya pandemic covid-19. Terdapat perubahan mekanisme pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kabupaten Sleman kepada masyarakat yang mana ketika melakukan pelayanan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seperti, menjaga jarak, memakai masker, dan membatasi jumlah masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dalam melayani masyarakat di masa pandemic covid-19 beserta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari Aparatur Sipil Negara Disdukcapil Kabupaten Sleman.
Penelitian ini disajikan oleh penulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini berdasarkan pada hasil wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan topic penelitian. Adapun analisis yang digunakan oleh penulis meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman berdasarkan indicator antara lain kemampuan menyesuaikan diri, prestasi kerja, dan kemampuan kerja. Selain itu terdapat juga faktor-faktor yang mempengaruhi kinerjanya yang meliputi faktor internal (sifat seseorang, kemampuan, tingkat pendidikan) dan faktor eksternal (sikap pemimpin, hubungan rekan kerja, fasilitas kerja). Adanya pandemic covid-19 ini tidak berpengaruh besar pada kinerja justru yang berpengaruh adalah pada mekanisme pelayanan yang menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker, pembatasan jumlah masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Selain itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman juga menerapkan sistem pelayanan online, namun adanya pelayanan online ini menurut ungkapan dari beberapa masyarakat pelayanan ini tidak dapat diandalkan sepenuhnya karena untuk mengurus dokumen masih harus datang dan menunggu lama.
Rekomendasi yang diberikan penulis adalah lebih mengoptimalkan pelayanan secara online, dapat lebih memperketat penerapan protokol kesehatan pada pelayanan secara offline. Kemudian memperluas ruang tunggu, memastikan lingkungan kerja dalam keadaan kondusif, serta mempersingkat waktu dalam kepengurusan dokumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:19 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4358 |