INDAH KOMALA DEWI (2024) GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (900kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (198kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Keselamatan pasien di rumah sakit dapat menjamin asuhan pasien lebih aman dan diharapkan dapat mencegah kejadian yang tidak diharapkan dan insiden keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran budaya keselamatan pasien di RSGM UMY. Metode: Jenis penelitian yang digunakan penelitian observasional deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner HSOPSC yang disebar melalui google form. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 83 responden terdiri dari staff medis (72%) dan staff non medis (23%). Persepsi staff RSGM UMY terhadap 12 dimensi mempunyai rata-rata 70,27%. Dimensi kerjasama dalam satu unit (70,43%), dimensi ekspektasi dan tindakan supervisor dalam meningkatkan keselamatan pasien (71,95%), dimensi perbaikan yang berkelanjutan (86,18%), dimensi dukungan manajemen terhadap keselamatan pasien (66,01%), dimensi persepsi umum mengenai keselamatan pasien (62,78%), dimensi umpan balik dan komunikasi mengenai kesalahan (86,38%), dimensi keterbukaan komunikasi (61,84%), dimensi frekuensi melaporkan bila ada insiden keselamatan pasien (52,08%), diemnsi kerjasama antar unit (81,49%), dimensi penempatan staff (78,19%), dimensi operan dan transisi (63,19%), dimensi respon yang tidak menghukum (62,76%). Kesimpulan: Nilai keselamatan pasien RSGM UMY berdasarkan HSOPSC sebesar 70,27% yang termasuk ke dalam kategori cukup. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai nilai baik adalah dengan menerapkan 12 dimensi keselamatan pasien di rumah sakit yang dilaksanakan oleh seluruh staff rumah sakit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | patient safety, hospital, HSOPSC |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43623 |