GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RSGM UMY

INDAH KOMALA DEWI (2024) GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Keselamatan pasien di rumah sakit dapat menjamin asuhan pasien lebih aman dan diharapkan dapat mencegah kejadian yang tidak diharapkan dan insiden keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran budaya keselamatan pasien di RSGM UMY. Metode: Jenis penelitian yang digunakan penelitian observasional deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner HSOPSC yang disebar melalui google form. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 83 responden terdiri dari staff medis (72%) dan staff non medis (23%). Persepsi staff RSGM UMY terhadap 12 dimensi mempunyai rata-rata 70,27%. Dimensi kerjasama dalam satu unit (70,43%), dimensi ekspektasi dan tindakan supervisor dalam meningkatkan keselamatan pasien (71,95%), dimensi perbaikan yang berkelanjutan (86,18%), dimensi dukungan manajemen terhadap keselamatan pasien (66,01%), dimensi persepsi umum mengenai keselamatan pasien (62,78%), dimensi umpan balik dan komunikasi mengenai kesalahan (86,38%), dimensi keterbukaan komunikasi (61,84%), dimensi frekuensi melaporkan bila ada insiden keselamatan pasien (52,08%), diemnsi kerjasama antar unit (81,49%), dimensi penempatan staff (78,19%), dimensi operan dan transisi (63,19%), dimensi respon yang tidak menghukum (62,76%). Kesimpulan: Nilai keselamatan pasien RSGM UMY berdasarkan HSOPSC sebesar 70,27% yang termasuk ke dalam kategori cukup. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai nilai baik adalah dengan menerapkan 12 dimensi keselamatan pasien di rumah sakit yang dilaksanakan oleh seluruh staff rumah sakit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: patient safety, hospital, HSOPSC
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:47
Last Modified: 07 Feb 2024 03:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43623

Actions (login required)

View Item
View Item