INDAH KOMALA DEWI (2024) GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (900kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Keselamatan pasien di rumah sakit dapat menjamin asuhan pasien lebih aman dan diharapkan dapat mencegah kejadian yang tidak diharapkan dan insiden keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran budaya keselamatan pasien di RSGM UMY. Metode: Jenis penelitian yang digunakan penelitian observasional deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner HSOPSC yang disebar melalui google form. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 83 responden terdiri dari staff medis (72%) dan staff non medis (23%). Persepsi staff RSGM UMY terhadap 12 dimensi mempunyai rata-rata 70,27%. Dimensi kerjasama dalam satu unit (70,43%), dimensi ekspektasi dan tindakan supervisor dalam meningkatkan keselamatan pasien (71,95%), dimensi perbaikan yang berkelanjutan (86,18%), dimensi dukungan manajemen terhadap keselamatan pasien (66,01%), dimensi persepsi umum mengenai keselamatan pasien (62,78%), dimensi umpan balik dan komunikasi mengenai kesalahan (86,38%), dimensi keterbukaan komunikasi (61,84%), dimensi frekuensi melaporkan bila ada insiden keselamatan pasien (52,08%), diemnsi kerjasama antar unit (81,49%), dimensi penempatan staff (78,19%), dimensi operan dan transisi (63,19%), dimensi respon yang tidak menghukum (62,76%). Kesimpulan: Nilai keselamatan pasien RSGM UMY berdasarkan HSOPSC sebesar 70,27% yang termasuk ke dalam kategori cukup. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai nilai baik adalah dengan menerapkan 12 dimensi keselamatan pasien di rumah sakit yang dilaksanakan oleh seluruh staff rumah sakit.
Dosen Pembimbing: | Iwan Dewanto, drg., M.M., Ph.D. | NIDN0506117201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | patient safety, hospital, HSOPSC |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |